TAREKAT NAQSYABANDIYAH DAN PEMBINAAN MENTAL REMAJA

Pismawenzi Pismawenzi, Novia Rina

Abstract


Kondisi emosi remaja yang mengikuti tarekat Naqsyabandiyah dapat dikontrol dengan baik. Remaja mampu mengendalikan emosi yang dimiliki ke arah yang lebih baik. Pada masa labil diusia remaja, mereka mampu mengarahkan emosi mereka ke arah yang lebih baik Kondisi pemikiran atau kognitif remaja yang mengikuti tarekat Naqsyabandiyah dapat diketahui bahwa remaja memiliki pemikiran yang positif, mereka mampu membedakan hal yang baik dan buruk untuk dilakukan, apakah memiliki dampak positif atau negatif pada diri sendiri ataupun pada orang lain. Mereka mampu memanfaatkan waktu dengan baik. Kondisi sikap remaja yang mengikuti tarekat Naqsyabandiyah ini sudah baik, dan mampu bersikap bagaimana menghadapi orang lain, sikap saling menghargai, menghormati dan saling menjaga di antara mereka dapat terjalin dengan baik dan orang- orang yang ada di sekitarnya.


Keywords


Tarekat, Naqsyabandiyah, Mental Remaja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v6i1.812
Abstract views : 393 times
PDF : 2493 times

References


Bastaman , HD. Logoterapi, psikologi untuk menemukan makna hidup dan meraih hidup bermakna, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2007.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Gema Risalah Press bandung, 1989.

Drajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama, PT. Bulan Bintang : Jakarta, 2005.

Dradjat, Zakiyah. Kesehatan Mental Peranannya dalam Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: IAIN Sahid, 1984.

Fauzi, Muhammad. Agama dan Realitas Sosial Renungan dan Jalan menuju Kebahagiaan, PT.RajaGrafindo Persada : Jakarta, 2007.

Hallen, Bimbingan Konseling, Jakarta :Quantum Teaching, 2005.

http://www.masbied.com/2009/12/24/pengertian-pembinaan-mental/

http://id.shvoong.com/humanities/theory-criticism/2165744-definisi-peran-atau-peranan/

Jalaluddin, Psikologi Agama, PT.RajaGrafindo Persada : Jakarta, 2010.

Jaya, Yahya. Bimbingan Konsling Agama Islam, Padang : Angkasa Raya, 2000.

Kahmad, Dadang. Sosiologi Agama, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Kartanegara, Mulyadhi. Menyelami Lubuk Tasawuf, Pondok Petir: PT. Gelora Aksara Pratama, 2006.

Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam dan Peralihan Paragdima, selangor : Hizbi, 1995.

Madjid, Nurcholish. Warisan Intelektual Islam, Khasanah Intelektual Islam, Jakarta : Bulan Bintang, 1984.

Mujib, Abdul & Mudzakir, Yusuf. Nuansa-Nuansa Psikologi islam, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada, 2001.

Mulyati, Sri. Mengenal dan memahami Tarekat-tarekat Muktabarah di Indonesia, Jakarta:Kencana,2006.

Nata, Abudidin. Akhlak Tasawuf, Jakarta:PT.RajaGrafindo Persada,2010.

Parpatih, Sy. Dt Suluk dan Kesehatan Mental, Padang: Hayfa Press, 2010.

Poerwandari, Kristi. pendekatan Kualitatif,penelitian prilaku manusia, Jakarta:LPSP3 UI,2005.

Poewardinata, Wjs. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1976.

Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara, Pengantar Ilmu Tasawuf, Jakarta, 1983.

Rumini, Sri. Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif DAN R & D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011.

Sukmono, Rizki Joko Psikologi Zikir, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.

Surbakti, E.B, Kenalilah Anak Remaja Anda, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2009.

Tiswarni, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Safira Jakarta, 2007.

Tim Prima Pena, Kamus Besar bahasa Indonesia, Gita Media Press.

Taylor,E. Shelley & Peplau, Letitia Anne; David O, Sears, Psikologi Sosial (edisi kedua belas), Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2009.

Yusuf . LN. Syamsu. Psikologi Perkembangan anak dan Remaja, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.