ANALISIS KEPUASAN KERJA DAN KUALITAS PELAYANAN

Liesma Maywarni Siregar

Abstract


Kepuasan kerja sebagai hasil keseluruhan dari derajat rasa suka atau tidak sukanya karyawan terhadap berbagai aspek dari pekerjaannya. Ada dua faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karakteristik individu dan karakteristik pekerjaan. Kepuasan kerja dapat menghasilkan dampak positif maupun negatif. Efek dari kepuasan kerja mempengaruhi kualitas pelayanan karyawan terhadap pelanggan. Dengan demikian kepuasan kerja mempunyai hubungan sebab akibat dengan kualitas pelayanan.


Keywords


Kepuasan Kerja, Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v6i2.817
Abstract views : 319 times
PDF : 1091 times

References


As’ad, Moh. 2012. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri edisi 4. Yogyakarta: Liberty.

Bata, Yuristi Winda., Arifin, Alwy., Darmawansyah. 2013. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap di Rsud Lakipadada Kabupaten Tana Toraja. Makasar: Unhas.

Davis, K & Newstroom. 1996. Perilaku dalam Organisasi Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Donnelly, Gibson. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, dan Proses. Jakarta: Erlangga.

Handoko, Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

. 1992. Manajemen, Edisi II, Cetakan keenam. Yogyakarta: BPFE.

Husodo, Norviadi Setio. 2004. Tesis: Pengaruh Kepuasan Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Museum Seni Rupa dan Keramik. Jakarta: Fisip UI.

Indrayanti,. Kadir,. Pasinringi,. 2008. Hubungan Kualitas Pelayanan Internal Terhadap Kepuasan Kerja dan Kemampuan Petugas Memberikan Pelayanan Berkualitas di RSUD Lanto Dg Pasewang. Makasar: Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Munandar, A.S. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Parasuraman,. Zeithaml,. Berry. 1990. Delivering Quality Service. New York: The Free Press.

Riggio, Ronald, E. 2009. Introduction to Industrial or Organizational Psychology Ed 5. New Jersey: Pearson Education.

Robbins, Stephen P. Judge, Timothy A. 2001. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, MPA, Prof. Dr. Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Spector, Paul E. 2012. Industrial and Organizational Psycholog: Research and Practice Ed 6. Singapore: John Wiley & Sons Inc.

Tjiptono, Fandy., Chandra, Gregorius. 2011. Service, Quality & Satisfaction Ed 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijono, Sutarto. 2010. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Kencana.

Yuwono, Ino Dkk. 2005. Psikologi Industridan Organisasi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.