APAKAH MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM BAHAGIA? GAMBARAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DENGAN PENDEKATAN PEMODELAN RASCH

Rizal Kurniawan

Abstract


Psikologi Islam (PI) merupakan salah satu jurusan yang masih baru di indonesia. Banyak tantangan yang dihadapi sejak berdiri. Tantangan tersebut dapat menjadi stressor bagi mahasiswa yang dapat berdampak pada kebahagiaan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kebahagiaan mahasiswa PI dengan menggunakan pemodelan Rasch. Teori psychological well-being (PWB) dari teori Ryff (1989) yang terdiri dari 6 dimensi digunakan untuk melihat kebahagiaan mahasiswa pada penelitian ini. Dari ke enam dimensi tersebut dirancang kondisi-kondisi tertentu yang harus direspon oleh mahasiswa dari tingkat mudah sampai sulit dengan respon semantic differensial. Sebanyak 193 responden dengan umur 19 tahun dengan range 17 sampai 23 tahun ikut terlibat dalam penelitian ini. Hasilnya estimasi Rasch menunjukkan sebagian besar mahasiswa Psikologi Islam memiliki kebahagiaan yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya nilai logit responden dibandingkan logit aitem untuk semua dimensi PWB. Dimensi PWB yang sulit dihadapi oleh mahasiswa PI adalah penerimaan diri terutama menerima pengalaman buruk dari masa lalu. Dimensi yang paling mudah dihadapi oleh mahasiswa PI adalah relasi yang positif terutama menikmati bercerita dengan teman. Tidak ada perbedaan ke enam dimensi PWB berdasarkan jenis kelamin. Mahasiswa yang ikut organisasi memiliki penerimaan diri, perkembangan pribadi dan tujuan hidup lebih baik dibandingkan mereka yang tidak ikut organisai. Mahasiswa semester 5 memiliki perkembangan pribadi, penguasaan lingkungan dan autonomi yang baik.


Keywords


Psychological well-being, Pemodelan Rasch, Psikologi Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v7i1.839
Abstract views : 222 times
PDF : 139 times

References


Bond, T. G., & Fox, C. M. 2007. Applying The Rasch Model: Fundamental Measurement in The Human Science. Second edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum.

Fariba, T. B. 2013. Academic performance of virtual students based on their personality traits, learning styles and psychological well-being: A prediction. Procedia Social and Behavioral Science, 84, 112 – 114.

Heizomi, H., Allahverdipour, H., Jafarabadi, M. A., & Safaian, A. 2015. Happines and its relation to psychological well-being of adolescents. Asian Journal of Psychiatry, 16, 55-50.

Henson, S., Blandon, J., & Cranfield, J. 2010. Difficulty of healthy eating: A Rasch model approach. Social Science & Medicine. 70, 1574-1580.

Park, N., Song, H., & Lee, K. M. 2014. Social networking sites and other media use, acculturation stress, and psychological well-being among East Asian collage students in Unites States. Computer in Human Behavior, 36, 138-146.

Ryff, C. D. 1989. Happiness of everything, or is it? Exploration of the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57, 1069-1081.

Safarzadeh, S. 2012. Connection hope to life with psychology obstinacy in scholars girl and boy of Islamic Azad University Ahvaz branch. Procedia Social and Behavioral Science. 46, 1855-1859.

Snyder, C. R & Lopez, S. J. 2007. Positive Psychology: The Scientific and Practical Exploration of Human Strengths. California: Sage.

Stein, K. F., Riley, B. B., Hoyland-Domenico, L., & Lee, CK. 2015. Measurement of body dissatisfaction in college-enrolled Mexican American women: A Rasch-based examination of the validiy and reliability of the EDI-III. Eating Behavior. 19, 5-8.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. 2014. Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial (Edisi Revisi). Bandung: Trim Komunikata.

Wilson, M. 2005. Constructing Measures: An Item Response Modeling Approach. New Jersey. Lawrence Erlbaum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.