HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA MAHASISWA

Ahmad Afiif, Wahyuni Ismail, Sukma Nurdin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  (1) mengetahui gambaran kecerdasan emosional Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar, (2) mengetahui gambaran interaksi teman sebaya Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar, (3) mengetahui gambaran penyesuaian sosial Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar dan (4) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan interaksi teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2015 dan 2016 sebanyak 180 orang. Sedangkan sampelnya adalah 50% atau 90 orang dengan menggunakan teknik  Simple Random Sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan skala kecerdasan emosional, skala interaksi teman sebaya dan skala penyesuaian sosial. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional mahasiswa pendidikan biologi berada pada kategori sedang dengan persentase  72,22%, interaksi teman sebaya mahasiswa pendidikan biologi berada pada kategori sedang dengan persentase 73,33% dan penyesuaian sosial mahasiswa pendidikan bologi berada pada kategori sedang  dengan persentase 52,55%. Berdasarkan hasil analisis data dengan korelasi product moment diperoleh nilai r2 0,600 dan nilai thitung  ttabel atau 7,035 1,987. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dan Interaksi  Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada  Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas  Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islams Negeri Aalauddin Makassar, maka H0 ditolak H1 diterima.


Keywords


Kecerdasan Emosional, Interaksi Teman Sebaya, Penyesuaian Sosial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i1.853
Abstract views : 1014 times
PDF : 677 times

References


Ali,Mohammad dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2005.

Asrori, Ahmad, dkk. “ Hubungan Kecerdasan Emosional dan Interaksi Teman Ssebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi SMP Negeri 9 Surakarta ” . Jurnal Psikologi 3, no. 2(2015): h. 15-25.

Damsar. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Group, 2011.

Elizabeth B. Hurlock. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 1976.

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 2002,

Fatimah, Enung.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia, 2008.

Gerungan. Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditana, 2010.

Golamen, Daniel. Working With Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional untuk Mecapai Puncak Presatasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Golamen, Daniel. Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EI lebih penting daripada IQ,. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Kasmadi dan Sunariah. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.

Meding Edi Gumarta, “Konsep Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Sosial Mahasiswa Pendatang di Bali”, Jurnal Psikologi Indonesia 4, no 02 (2015):h. 4.

Munlifatun Sadiyah, “Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan biologi Universitas Negeri Semarang” , Jurnal Pendidikan, (2014): h. 16.

Ni’mah,Muliatun , dkk. “Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Remaja di SMP Negeri 1 Sukoharjo." Jurnal Psikologi.h.13-35.

Santrock, JohnW. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Jagakarsa, 2009.

Saphiro, awrence E.“How To Raise A Child With A High EQ: A Present Guide to Emotional Intelligence”.Jakarta: Gramedia, 1997.

Sarwono, Sarlito W. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Sommeng, Sudirman.Psikologi Sosial. Makassar : Alauddin University Press, 2014.

Sugiyono.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sulistiowati. “Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dan Perilaku pada Remaja”, Jurnal Psikologi.

Stein, Steven J dan Howerd E, Book. The EQ Edge: “Emotional Intelligence and Your Success, Ledakan EQ": 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses. Bandung: Kaifa, 2002.

Uno, HamzahB. Orientasi Buku dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

Willis, Sofyan S.Psikologi Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2013.

Yusuf, Syamsul. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.