HUBUNGAN GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI

Masnida Khairat, Nur Aisyiah Yusri, Shanty Yuliana

Abstract


Setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda masing-masing. Salah satunya adalah gaya hidup hedonis. Gaya hidup hedonis merupakan pola hidup yang cenderung mencari dan mengejar kesenangan sebagai tujuan hidupnya. Ketika seseorang menerapkan pola hidup seperti ini di dalam dirinya, maka akan menyebabkan seseorang tersebut menunjukkan perilaku konsumtif. Yaitu membelanjakan uangnya untuk suatu hal atau barang secara berlebihan di luar batas kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori dari gaya hidup hedonis pada mahasiswi, untuk mengetahui kategori dari perilaku konsumtif pada mahasiswi, dan untuk mengetahui hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif mahasiswi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis Pearson Correlation. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 orang dengan sampel sebanyak 84 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi, yang berpedoman pada modifikasi skala Likert, yaitu skala gaya hidup hedonis dan skala perilaku konsumtif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi semester IV Prodi Pendidikan Dokter Universitas Baiturrahmah Padang memiliki tingkat gaya hidup hedonis yang tinggi, mahasiswi semester IV Prodi Pendidikan Dokter Universitas Baiturrahmah Padang memiliki tingkat perilaku konsumtif yang tinggi, dan ada hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi semester IV Prodi Pendidikan Dokter Universitas Baiturrahmah Padang.


Keywords


Gaya Hidup, Hedonis, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861
Abstract views : 5616 times
PDF : 5701 times

References


Alwer, M. N. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif Fashion pada Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Skripsi (dipublikasikan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Arbaini, N. (2017). Gaya Hidup Shopaholic pada Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa FISIP Universitas Riau yang Kecanduan Berbelanja Pakaian). Jom FISIP, 4(1), 1–11.

Artaningtyas, R. M. (2015). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi (dipublikasikan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chrisnawati, D., & Abdullah, S. M. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja terhadap Pakaian (Studi Kasus Pada Remaja Berstatus Sosial Ekonomi Rendah). Jurnal Spirits, 2(1), 1–14

Ermawati, E., & Indriyati, E. P. (2011). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja di SMP N 1 Piyungan. Jurnal Spirits, 2(1), 1–12.

Fitriani, & Romas, M. Z. (2014). Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja di SMK Kesehatan.pdf. Jurnal Psikologi, 10, 1–11

Halim, DK. (2008). Psikologi Lingkungan Perkotaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariyono, P. (2015). Hubungan Gaya Hidup Dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. eJournal Psikologi, 3(2), 569–578.

Hasibuan, E.P.N. (2010). Hubungan antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecendrungan Perilaku konsumtif pada Remaja Puteri. Skripsi (dipublikasikan). Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Kresdianto, D. (2014). Hubungan Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif Fashion Pakaian pada Mahasiswi di Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Skripsi (dipublikasikan). Malang: Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mar’at, S. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mufidah, N. L. (2012). Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan: Studi Deskriptif Pemanfaatan Foodcourt oleh Keluarga. BioKultur, 1(2), 157–178.

Murbani, B. (2010). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan perilaku Konsumtif pada Remaja. Skripsi (dipublikasikan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ningsih, R. A. A.S., & Bawono, Y. (2016). Hubungan Antara Perilaku Konsumtif Pada Produk X Dengan Citra Diri Remaja Putri. Jurnal Mediapsi, 2(1), 45–50.

Purwaningsih, M. F. (2008). Analisis Hubungan Gaya Hidup dan Pendapatan dengan Keputusan Pembelian Produk Fashion Planet Surf. Skripsi (dipublikasikan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Wahidah, N. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumtif terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Artikel Penelitian (dipublikasikan). Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.