HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMK

Ayu Merisa, Purwanti Endah Rahayu, Krisnova Nastasia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan self regulated learning pada siswa SMK Negri 4 Padang.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan sosial dan variabel terikat adalah self regulated learning. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial dan skala self regulated learning.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 290 orang siswa SMK Negri 4 Padang. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala dukungan sosial bergerak dari rix= 0,301 sampai dengan rix= 0,762 dengan koefisien reliabilitas sebesar α=0,925 sedangkan pada skala self regulated learning bergerak dari rix=0,303 sampai dengan rix=0,843 dengan koefisien reliabilitas sebesar α=0,927. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,542 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti hipotesis diterima.  Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan self regulated learning pada siswa SMK Negri 4 Padang.


Keywords


Dukungan Sosial, Self Regulated Learning, Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v10i2.956
Abstract views : 1093 times
PDF : 1391 times

References


Afriansyah, Donal. (2014). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas VI SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu : Universitas Bengkulu.

Ali, Mohammad. dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Apollo, Cahyadi. A. 2012. Konflik Peran Ganda Perempuan Menikah Yang Bekerja Ditinjau Dari Dukungan Sosial Keluarga Dan Penyesuaian Diri. Jurnal Psikologi No.02 Juli 2012 Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

, Saifuddin. 2016. Penyususunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fasikhah, Siti Suminarti & Fatimah, Siti. (2013). Self Regulated Learing Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi Vol. 01, No.01 Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang

Hadiati, Rini Mukti. (2013). Pebedaan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Pemilihan Sekolah Lanjutan Atas di SMP Negri 1 Sambirejo. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Herdiati. (2014). Pengaruh Self –Regulated Learning Dan Dukungan Sosial Terhadap Proktatinasi Akademik Mahasiswa Psikologi. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah

Kadi, Ari prima Usman.(2016). Hubungan Kepercayaandiri Dan Self Regulated Learning Terhadap Proktatinasi Akademik Pada Mahasiwa Psikologi 2013. Jurnal Psikologi. Universitas Mulawarman.

Lubis, Rifi Hamdani dkk,(2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kecerdasan Emosional Dengan Self Regulated Learning Siswa. Jurnal Magister Psikologi UMA Vol 8 No . Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Smet, Bart. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, D. 2008. Mandiri Belajar SPSS.Yogyakarta: Mediakom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.