PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM

Rahmi Rahmi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakanginya oleh pendidikan anak dalam keluarga sangat penting karena orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam hal penanaman keimanan bagi anaknya.Masa mendidik anak menurut Islam.Dapat dibagi dua yaitu (1) masa persiapan mendidik, dan (2) masa aktif mendidik.Masa persiapan dimulai dari upaya pemilihan jodoh.Saat ini banyak terjadi kasus kekerasan anak, semakin kompleksnya masalah masyarakat, masih ada pasangan yang berhasil membangun keluarga yang harmonis serta mendidik anak sesuai dengan al-Qur’an dan hadis. Hasil temuan penulis dalam penelitian ini adalah: Penelitian ini memberikan implikasi agar umat islam kembali menyadari bahwa luar biasa konsep pendidikan anak yang telah diprektekkan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana diperlihatkan dalam kesimpulan penelitian di atas. Beliau adalah sosok yang tak perlu diragukan keteladannya karena semua apa yang di ucapkan dan apa yang di perbuat. Di samping apa yang ada pada diri Rasul SAW. merupakan manifestasi dari nilai-nilai transendental. Dengan begitu umat Islam sebenarnya tak perlu hanya direpotkan (disibukkan) dan tersita perhatiannya melanglang buana untuk mencari berbagai teori tentang pendidikan anak ke segala penjuru dunia. Apabila umat Islam mau serius meneladani dan menerapkan pendidikan anak yang ada di dalam al-Qur’an dan yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Untuk dipedomani dalam mendidik anak-anak mereka, maka insyaallahakan dicapai nuansa pendidikan anak yang bijak serta humanis. Sehingga pada gilirannya akan melahirkan generasi Islami yang berakhlak mulia, ramah, cerdas, kokoh dan tangguh di segala bidang kehidupan.


Keywords


Pendidikan Anak Perspektif Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v10i2.1126
Abstract views : 1727 times
PDF : 687 times

References


Abu Isa Muhammad Ibn Isa al-Tirmizi, Sunan al-Tirmizi, (Bairut: Dar al-Fikr, 1400 H/1980 M)

Abu Isa Muhammad Ibn Isa al-Tirmizi, Sunan al-Tirmizi, (Bairut: Dar al-Fikr, 1400 H/1980 M), Juz. 4, h. 261

Abdullah Idi. Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015), cet.ke-1, h. 122

Abd.Rahman, Konseling Keluarga Muslim. 2004. (Jakarta: The Minangkabau Foundation, 2004), h. 4

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007), h. 24

Al-Tirmizi, Sunan al-Tirmizi, Hadis No. 2018, Kitab al-Birr wa al-Silah ‘an Rasulillah, bab ma ja’a fi adab al-walad

Al-Tirmizi, Sunan al-Tirmizi, Hadis No. 1875, Kitab al-Birr wa al-Silah ‘an Rasulillah, bab ma ja’a fi adab al-walad

AzyumardiAzra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Melenium Baru, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999

Azyumardi Azra, Esai-esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, (Jakarta: Log Abd.Rahman, Konseling Keluarga Muslim, (Jakarta: The Minangkabau Foundation, 2004), h. 4

DedeRosyada, Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. 2017. Depok. Kencana

Imam Habi Husain Muslim bin HajajKhusairiNasaburi. 2004. Shahih Muslim, (Lebanon: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah, 2004), h. 519

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan. 2004. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Nurwadjah Ahmad, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan, (Bandung: MARJA, 2007)

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008

UUD RI Nomor 20 Tahun 2003, Sisdiknas& Peraturan Pemerintah RI Nomor 47 Th. 2008 tentang Wajib Belajar, (Bandung: Citra Umbara, 2008), h. 29

UU RI No. 35 Tahun 2014, Amandemen Undang-Undang Perlindungan Anak .2015.Jakarta: Sinar Grafika Offset

ZakiahDaradjat. 1994. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah.Jakarta: Ruhama

Zulmuqim, Filsafat Pendidikan Islam:Konsepsi, Prinsip, dan Aplikas. 2013. Padang: Hayfa Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.