Kontribusi Konsep Ibnu Miskawaih dan Hasan Albanna Terhadap Pendidikan Akhlak
Abstract
penelitian ini didasari oleh fenomena merosotnya akhlak yang terjadi pada masa sekarang ini seperti kasus kekerasan dalam rumah tangga, tindakan krimal yang semakin merajalela, kenakalan remaja, konflik antar desa, perilaku anarkis, maraknya geng motor yang meresahkan masyarakat. Pendidikan akhlak menjadi sangat penting dalam menumbuhkan perilaku yang baik. Dalam Islam permasalahan tentang pendidikan akhlak sudah dibahas oleh para tokoh terdahulu, seperti; Ibnu Miskawaih dan Hasan Albanna. Dalam hal ini penulis mengkaji kontribusi Konsep Ibnu Miskawaih dan Hasan Albanna terhadap pendidikan akhlak. Ibnu Miskawaih dan Hasan Albanna adalah dua tokoh yang banyak berbicara tentang akhlak, sangatlah bijak jika kita kembali mengkaji kontribusi pemikiran pendidikan akhlak menurut kedua tokoh tersebut. Jenis penetian ini adalah penelitian studi tokoh yang menggunakan pendekatan historis dan deskriptif-kualitatif. sumber dari penelitian ini adalah dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya kontribusi konsep Ibnu Miskawaih terhadap pendidikan akhlak yang meliputi; defenisi akhlak, dasar-dasar pendidikan akhlak; al-Qur’an, Hadist, Ilmu jiwa (psikologi), tujuan pendidikan akhlak; untuk mencapai kebahagiaan melalui akhlak yang baik, metode pembentukan akhlak; metode alami, nasihat, pembiasaan dan hukuman. Materi pendidikan akhlak; pendidikan yang wajib bagi jiwa, tubuh, dan hubungan dengan sesama manusia. Sedangkan kontribusi konsep Hasan Albanna terhadap pendidikan akhlak meliputi; defenisi akhlak, dasar-dasar pendidikan akhlak; al-Qur’an dan hadist. Tujuan pendidikan akhlak; membentuk pribadi muslim, rumah tangga muslim, masyarakat muslim dan pemerintahan muslim. Metode pembentukan akhlak; nasihat, pembiasaan dan refleksi. Materi pendidikan akhlak; al-Qur’an, hadist, mempelajari sirah Nabawi dan sirah shalafus shalih, mengkaji pokok-pokok akidah dan cabang-cabang ilmu fiqh. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya kontribusi konsep Ibnu Miskawaih dan Hasan Albanna terhadap pendidikan akhlak di Indonesia.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v12i2.2939
Abstract views : 222 times
References
Ahmad Ibn Hambal, Musnad Ahmad bin Hanbal, Beirut; Daaru al-Fikr, tt.
Amin Syukur, Tasawuf Bagi Orang Awam (Menjawab Problematika Kehidupan), Yogyakarta: LPK-2, Suara Merdeka, 2006
Arief Furchan dan Agus Maimun, STUDI TOKOH (Metode Penelitian Mengenai Tokoh), Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2005
Depag RI, Inseklopedia Islam I, Jakarta: Depag: RI, 1993
E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
Ensiklopedia Indonesia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Pakhi Pamungkas, 1997
Hasan Albanna, Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin 2, terj. Anis Matta, Solo: Era Media, 2009
Hasan Albanna, Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin 1, Terj. Anis Matta, Solo: Era Intermedia, 2012
Ibnu Miskawaih, Tahzib al-Akhlaq, Beirut : Darul al-Kutub al-Ilmiah, 1985
Ibnu Miskawaih, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Terj. Helmi Hidayat, Bandung : Mizan, 1994
Moch Ishom Achmadi, Kaifa Nurabbi Abna’ana, Yogyakarta: SJ Press, 2009
Muhammad Nazir, Metode Penelitian,Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003
Nipan abdul Halim, Menghias Diri Dengan Akhlak Terpuji, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset,2000
Nisrokha, Membongkar Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih, Jurnal Madaniyah, Vol. 1 Edisi X Januari 2016
Nizar, dkk., Pemikiran Etika Ibnu Miskawaih, Kurioritas, Vol. 11, No. 1, Juni 2017
Oamar Hamalik, Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Sa’id Hawwa, MEMBINA ANGKATAN MUJAHID (studi analitis atas konsep dakwah Hasan Albanna dalam Risalah Ta’alim), Solo: Era Intermedia, 2000
Setiadi Susilo, Pedoman Penyelenggaraan PAUD, Jakarta: Bee Media Pustaka, 2016
Soejono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: UI-Press, 1999
Susanto, Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2012
Tim Redaksi Fokus Media, Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, No 20 Tahun 2003, Bandung: Fokus Media, 2003
Wahyu Murtiningsih, Para Filsuf dari Plato sampai Ibnu Majah, Jogyakarta: IRCiSoD, 2013
Yusuf al-Qardhawi. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna. terj. Bustami A. Gani, Jakarta: Bulan Bintang, 1980
Zubaedi, Desain Pendidikan karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Jakarta: Kencana, 2011
Zubaedi, Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah), Depok: Rajawali Pers. 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.