PENGEMBANGAN MODUL BERGAMBAR KARIKATUR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MAN 3 PESISIR SELATAN

Tauviq Alfitra

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas modul Akidah Akhlak bergambar karikatur pada materi menghindari Akhlak Tercela, Akhlak Terpuji dan Pergaulan Remaja di MAN 3 Pesisir Selatan, disamping itu keterbatasan jumlah buku sumber untuk belajar Aqidah Akhlak sehingga berakibat sebagian siswa tidak memiliki buku pegangan untuk belajar di sekolah dan di rumah, LKS hanya berisi poin-poin penting saja serta jarangnya siswa berfikir kritis dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa modul pembelajaran Akidah Akhlak bergambar karikatur pada materi Akhlak Tercela, Akhlak Terpuji dan Pergaulan Remaja yang valid dan praktis. Adapun manfaat penelitian pengembangan yang dilakukan adalah sebagai salah satu syarat dalam menyeliasikan program Pascasarjana, prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Islam Negeri Padang Imam Bonjol.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research of Development). Prosedur pengembangan penelitian yang digunakan adalah modul 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini tidak melakukan tahap disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi dan angket respon siswa. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi dan divalidasi oleh validator, angket dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dianalisis dengan teknik deskriptif naratif. Lembar validasi dianalisis dengan mencari persentase dan instrument angket respon siswa.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa modul bergambar karikatur pembelajaran Akidah Akhlak yang telah dihasilkan bersifat sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 94% , validasi RPP adalah 92% dengan kategori sangat valid dan angket respon siswa adalah 89% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas melalui angket respon dikategorikan praktis dengan persentase penilaian 64% dengan kategori praktis. Sedangkan kefektifitan produk dikategorikan efektif dengan rata-rata 71 % untuk angket. Dengan demikian modul Akidah Akhlak bergambar karikatur dapat dikatakan sangat valid dan praktis.


Keywords


Modul Bergambar Karikatur, Karikatur, Pendidikan Agama Islam, Akidah Akhlak



DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v13i1.3581
Abstract views : 129 times

References


Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, (Ciputat, Quantum Teaching, 2010)

Ambar Widya Lestari, Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Webquest Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta, Program Pasca Sarjana Kependidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

Agus Arwani. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis multimedia. Jurnal Forum Tarbiyah Vol. 9, No. 2: Desember 2011

Abhanda Amra, Media Pembelajaran Untuk Sekolah dan Madrasah, ( Batusangkar: STAIN Batusangkar Press, 2010).

Basyruddin Usman, Media Pembelajaran,(Jakarta: Ciputat Press,2002).

E. Mulyasa, Kurikulum yang Disempurnakan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009).

E.Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi dan Inovasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006)

H. Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta: PT Hidakarya Agung, 1972).

Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004).

Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000).

Nana Sujana dan Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2003)

Nispi Syahbani. Pendayagunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal AT- Ta‟lim Vol 4 (2013)

Promono R Pramoedjo, Indonesia, Dunia Parade Karikatur 1990-1995, (Jakarta: PT Penebar Swadaya, 1996).

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2010).

Zulkifli M dkk. On Ict-Based Learning Model of Islamic Education At Senior High School 4 Kendari Sulawesi Province. Journal of Art, Science 7 Commerce Vol.-IV. Issue-4, oct. 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.