Pelaksanaan dan Pengelolaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Di SD/MI

Mulyadi Mulyadi

Abstract


Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) merupakan salah satu jenjang pendidikan formal yang diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan peserta didik sebagai calon anggota masyarakat yang akan mengisi dan melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa serta mempersiapkan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi (sekolah menengah). Guru pembimbing sebagai pelaksana utama kegiatan Bimbingan dan Konseling di SD/MI dalam hal ini di handel oleh guru kelas harus memahami ekspektasi dan unjuk kerja yang jelas serta memahami karakteristik peserta didik yang dihadapinya, karena keberadaan Bimbingan dan Konseling merupakan bahagian integral dari keseluruhan aktivitas pendidikan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional. Pengelolaan layanan bimbingan dan konseling adalah bagian dari tidak lanjut keterlaksanaan bimbingan dan konseling baik pada tingkat pendidikan dasar (SD/MI) maupun tingkat pendidikan menengah (SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Oleh karena itu pengelolaan keterlaksanaan layanan sebagai barometer untuk mengukur ketercapaian tujuan pelakansanaan sekaligus mengevaluasi sejauh mana program bimbingan dan konseling yang telah diselenggarakan oleh guru pembimbing dan bisa memberikan tindak lanjut pada langkah kegiatan berikutnya. Oleh karena itu pengelolaan pelayanan bimbingan dan konseling tidak terlepas dari adanya dukungan dan kerjasama melalui organisasi, personil, pelaksana, sarana dan prasarana, serta pengawasan.


References


Ahmadi, Abu dan Rohani. (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmiyati. (2005). Diktat Bimbingan dan Konseling Sekolah. Banjarmasin: Depdiknas.

Gunawan, Yusuf. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramidia Pustaka Utama.

Heru dan Mugiarso. (2001). Bimbingan dan konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Marsudi, Saring. (2017), Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surakarta: Kuliyah Madinah.

Mulyadi. (2019). Bimbingan Konseling di di Sekolah dan Madrasah, Cet. Ke-2. Jakarta: Prenada Media Grup.

Nasution, Noehi. (1993). Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2004). Manajemen Bimbingan Konseling di SD Kurikulum. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2005). Strategi Layanan Bimbingan & Konseling, Bandung: PT. Refika Aditama

PP No. 29/1990 tentang pendidikan menengah bab X pasal 27 ayat 1-3.

Prayitno. (2004). Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Tjipta.

______________, dkk, (1997). Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Ramayulis dan Mulyadi. (2016). Bimbingan dan Konseling Islam di Madrasah dan Sekolah. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyo. (2012). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: Widya Karya.

Sukardi, Dewa Ketut. (2003) Manajemen BK di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan konseling di sekolah (berbasis integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

_____________. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Umar dan sartono. (2001). Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: Pustaka Setia.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i2.1138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.