HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 KOTA PADANG

Novri Sagita Lestari, Ilpi Zukdi, Jum Anidar

Abstract


Prestasi belajar ujian MID Semester Ganjil peserta didik pada Tahun Pelajaran 2019/2020 ada peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu 35,5% dan ada juga peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 64,5% dari 200 peserta didik kelas VIII. Dengan melihat fenomena di atas, maka penelitian ini difokuskan pada hubungan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.6, VIII.8, VIII.10, VIII.11, VIII.13 VIII.15 yang berjumlah 200 peserta didik. Dengan jumlah sampel sebanyak 133 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel Lingkungan Keluarga (X) dan variabel Prestasi Belajar (Y). Instrumen dalam penelitian ini adalah angket tentang Lingkungan keluarga dan dokumentasi yaitu tentang Prestasi Belajar. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 20.00 serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefesien Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar, dimana hasil r hitung 0,506 lebih besar dari r tabel 0,159. Hasil penelitian menunjukkan semakin baik lingkungan keluarga maka semakin tinggi pula prestasi belajar peserta didik.

References


Ahmadi Abu dan Supriyono Widodo. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, 2012, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah Bahri Syaiful, 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasbullah, 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jamil dan Azra Indra Fefri, “Hubungan Antara Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah dengan Prestasi Belajar IPS”, Jurnal Pedagogi, 2, (7), PP 1-13

Rosyid Zaiful Moh. 2019. Prestasi Belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Slameto, 2015. Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suryabrata, Sumadi, 2002, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i1.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.