HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 18 PADANG

Askar Takdir, Hallen Hallen, Wahyuli Lius Zein

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi kerena banyaknya peserta didik di SMPN 18 Padang yang terlambat datang ke sekolah, malas belajar, tidak mengerjakan pr, peserta didik tidak lengkap membawa peralatan belajar, peserta didik berbicara kotor dan bercerita dengan temannya saat guru menjelaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik SMPN 18 Padang. Batasan penelitian adalah (1) Bagaimana perhatian orang tua pada peserta didik di SMPN 18 Padang. (2) Bagaimana hasil belajar pada peserta didik di SMPN 18 Padang. (3) Apakah terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik SMPN 18 padang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tingkat perhatian orang tua pada peserta didik di SMPN 18 Padang. (2) Mendeskripsikan tingkat hasil belajar pada peserta didik di SMPN 18 Padang. (3) Melihat seberapa besar hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik Di SMPN 18 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 221 orang dan jumlah sampel 69 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 16, serta dianalisis dengan menggunakan rumus product moment correlation. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perhatian orang tua peserta didik kelas VIII tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 66,66 %, hasil belajar peserta didik kelas VIII tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 59,42 %. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rxy =0,444 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1%= 0,302 dan 5%= 0,232, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Pada koefisien hubungan menunjukan arah hubungan yang positif, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 18 Padang.

References


Ahmad Susanto.2002.Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bambang Prasetyo.2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Rajawali Press.

Burhan Bungin. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Moh. Shochib. 2000.Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muhammad Awal Nur.2016. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, Vol.2, No.2.

Muhibbin Syah.2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Murisal. 2017. Psikologi Pendidikan. Padang : Imam Bonjol Press.

Nana Sudjana.2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Purwanto.2014.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung:Alfabeta.

Sugiyono.2017.Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto.2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta:PT Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah.2014 Pola Asuh Orang tua dan Komunikasi Dalam Keluarga.Jakarta: Rineka Cipta.

Thobroni.2015. Belajar dan Pembelajar. Yokjakarta: Ar-Ruzz Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i1.1757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.