HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 7 KOTA PADANG
Abstract
Kepercayaan diri dan penyesuaian sosial merupakan dua hal yang berkaitan. Pada peserta didik tingkat Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS) memiliki kepercayaan diri dan penyesuaian sosial merupakan hal yang penting dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran hubungan kepercayaan diri dan penyesuaian sosial peserta didik. Desain penelitian menggunakan rancangan korelasi. Peneliti mengumpulkan data kepercayaan diri dengan mengacu pada aspek‐aspek yang dikemukakan oleh Lauster dan Guilford dan penyesuaian sosial dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Hurlock yang sudah diuji validitas dan reliablitasnya. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 68 peserta didik di MTsN VII Kota Padang yang diambil melalui teknik purposive sampling. Adapun hasil pengolahan data menunjukkan sebagian besar peserta didik kelas VII MTsN 7 Kota Padang memiliki kepercayaan diri dan penyesuaian sosial yang sedang, dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepercayaan diri dan penyesuaian sosial peserta didik. Dengan hasil analisis korelasi product moment Pearson yaitunilai r hitung> nilai r tabel yaitu 0,631 > 0,224 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri seseorang maka penyesuaian juga baik, begitupun sebaliknya.
References
Agustiani, Hendriati. 2006. Psikologi perkembangan (pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri remaja). Bandung: PT. Refika AditamaAlsa.
Ali, Moh. 2009. Psikologi Remaja. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Satu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Asmadi dkk. 2006. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik, Semarang: Jurnal Psikologi, No 1.
BSNP. 2006. Panduan Pengembangan Diri. Jakarta: BSNP.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan IV.
Farideh, Hamidi dan Hosseini, Mohamad Zeinab. 2010. ” Jurnal Tentang The Relationship Between Irrational Beliefs And Social, Emotional And Educational Adjustment Among Junior Student.
Fitriah, Aziza 2013. Jurnal Tentang Hubungan Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja, Vol, 1 No 1
Gerungan, W. A. 2004. Psikologi sosial. Bandung: PT. RefikaAditama
Ghufron, M. Nurdan Rini Risnawati. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hakim,Tursan. 2002. Mengatasi rasa tidak percaya diri, Jakarta: Puspa Swara.
Hasmayni, Babby.2014. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuian Diri Remaja.Volume. 6, No.2
Hurlock. 2004. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta : PT Erlangga
Islamy, Rizkia Mutiara. 2018. Hubungan antara kepercayaan diri denganKonseling. Jakarta: Grasindo
Mugiarso, Heru. 2008. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT UNNES Press
Jahja, Yudrik. 2011. PsikologiPerkembangan. Jakarta: Kencana
Kartono, Kartini. 2011. Pengantar Metodologi Research. Bandung: Alumni
Kusuma, Ali Wijaya. 2008. Teknik dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: AlIsan Press
Lauster, P.2008. Tes kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta
DOI: 10.15548/atj.v6i2.2131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.