FASILITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 KOTA PADANG

Irfan Muhammad Yahya, Zulmuqim Zulmuqim, Safri Mardison

Abstract


MTsN 6 Kota Padang memiliki fasilitas belajar yang cukup memadai untuk menunjang prestasi belajar namun belum dimanfaatkan secara semaksimal mungkin oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang. Penelitian mengunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTsN  6 Kota Padang dengan jumlah 505 orang dan jumlah sampel 83 orang yang di ambil dengan penggunaan random sampling. Penelitian ini mengunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Fasilitas belajar di MTsN 6 Kota Padang di kategorikan sedang dengan persentase 30,12%. (2) Prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang dikategorikan tinggi dengan persentase 32,53%. (3) Berdasarkan nilai Koefisien Kolerasi “r” Product Moment dari pengolahan data penelitian diperoleh r xy (0,470) lebih besar dari r tabel (0,283) pada taraf signifikan 5% maka berarti terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar, dimana semakin tinggi dimanfaatkan fasilitas belajar maka semakin tinggi prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN  6 Kota Padang.


References


Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia. 2016. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perleng-kapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, The Liang. 2002.Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Gajah Mada Univer-sity Press.

Hermawati. 2013. Bimbingan Akademik dan Prestasi Belajar (Prespektif Sosiologi Pendidikan). Padang: Imam Bonjol Press.

Mustari, Muhammad. 2015. Manajemen Pen-didikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Prihatin, Meita Satri. 2017. Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyengan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(5),443-452.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Surya, Mohamad. 2004. Belajar dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i2.2185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.