DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 29 PADANG

Afwa Yunara, Nursyamsi Nursyamsi, Hidayati Hidayati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang terlambat datang ke sekolah, dan juga adanya peserta didik yang suka keluar masuk disaat jam pembelajaran berlangsung. Tidak hanya itu, ada juga beberapa peserta didik yang melanggar peraturan berseragam di SMP Negeri 29 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran disiplin peserta didik dalam masuk sekolah, dalam mengikuti pelajaran di sekolah, dalam mengerjakan tugas, dalam belajar di rumah, dan dalam mentaati tata tertib di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Padang menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di SMP Negeri 29 Padang dapat penulis temukan bahwa peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 29 Padang kedisiplinanya paling lemah dalam hal mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Banyak dari peserta didik yang keluar masuk kelas dan mengobrol dengan teman saat pembelajaran berlangsung. Sementara kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 29 Padang cukup baik dalam hal mengerjakan tugas di rumah dan mentaati tata tertib di sekolah seperti berpakaian rapi dan datang tepat waktu. Faktor yang mempengaruhi disiplin belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 29 Padang adalah faktor dari dalam diri peserta didik dan faktor dari luar peserta didik, faktor dari dalam sendiri seperti kesadaran diri peserta didik terhadap peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Faktor dari luar diri peserta didik adalah faktor teman sebaya.


References


Yusuf, A. M. 2003. Metodologi Peneltian. Fakultas Ilmu Pendidikan: IKIP Padang.

Makmun, A.S. 1996. Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosydakarya

Maysiano, A. 2020. Wawancara langsung. SMP Negeri 29 Padang.

Narbuko, C. dkk. 2005. Metodologi Peneltian. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, F.F. 2020. Wawancara langsung. SMP Negeri 29 Padang.

Farouk & Djali. 2005. Metode Peneltian Sosial. Jakarta: PTIK Press dan Restu Agung

Muslim, H.H. 2020. Wawancara langsung. SMP Negeri 29 Padang.

Ardiansah, I. 2020. Wawancara langsung. SMP Negeri 29 Padang.

Allen, J.E. 2002. Disiplin Positif (Menciptakan Dunia Penitipan Anak yang Edukatif Bagi Anak Pra-Sekolah), Jakarta: Anak Prestasi Pustaka.

Maleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Habibullah. M. 2020. Wawancara langsung. SMP Negeri 29 Padang.

Nasution. - . Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2008. Prosedur Peneltian Suatu Pendidikan Praktek Edisi Revisi VI.Jakarta: Rineka Cipta


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i1.2343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.