ANALISIS DEGRADASI KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI MTS QUR’AN KISARAN

ikke nurjanah sinaga, Casmini Casmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis degradasi keterampilan sosial pada siswa kelas VIII di MTs Qur’an Kisaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan wawancara. Sample yang digunakan sebanyak 12 orang siswa kelas VIII yang terindikasi mengalami degradasi keterampilan sosial dan 2 orang informan yakni guru bimbingan konseling. Sedangkan analisis data dengan melakukan data reduction (mereduksi data). Hasil penelitian menyatakan bahwa degradasi keterampilan sosial siswa kelas VIII MTs Qur’an Kisaran diketahui berbagai jenis, seperti siswa menggunakan bahasa tidak sopan, menggunakan nada bicara tinggi ketika berkomunikasi dan berinteraksi, tidak mampu menerima kritik dan saran, sulit menghargai pendapat orang lain, terlihat pasif ketika kegiatan belajr mengajar (KBM), terisolir dari siswa lain.

References


Aderila R. 2015. Hubungan Pemahaman Konsep Geosfer Dalam Pembelajaran Geografi Dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Sma Negeri Kota Jambi. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Harlock B.E. 1995. Psikologi Perkembangan. Alih bahasa: Sijabt, M.R. Jakarta: Erlangga.

Fauzi. Z. Dkk. 2021. Studi Deskriptif Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 03 Bayang. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 7 (1).

Nugraini. I dan Ramdhani. N. 2016. Keterampilan Sosial Menjaga Kesejahteraan Psikologis Pengguna Internet. Jurnal Psikologi, 43 (3).

V. Wiratna Sujarweni. 2014. Metode Penelitian Lengkap, dan Mudah Dipahami, Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Rachman D.S.P & Isyah C. 2019. Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. 2 (1).

Riggio, R.E. 1986. Assessment of Basic Social Skills. Journal of Personality and Social Psychology, 51 (3).

Rosita. I. 2013. Efektitivitas Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Skripsi. Bandung : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Silondae.D. P. 2020. Profil Keterampilan Sosial Siswa SMKS Kesehatan Unaaha Berdasarkan Jenis Kelamin Siswa. Jurnal Gema Pendidikan. 2 (2).

Thalib S. B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Theresia W, Vinsensia H.B. & Cornelis B. 2017. Hubungan Antara KeterampiIlan Sosial Dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Kimia Dasar 1 Mahasiswa Angkatan Tahun 2017. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW. Program Studi Pendidikan Kimia Fkip Unwira Kupang.

Tyas Martika, Dkk. 2017. Peran Konselor Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Difabel. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unipma.

Papalia, D.E., Old. S.W. dan Feldman, R.D. 2010. Human development (Psikologi perkembangan edisi ke sembilan). (A.K. Anwar, Trans). Jakarta: Kencana.

Perwira, A.H. Dkk, 2016. Degradasi Moral Pada Bangsa Indonesia Dan Pengaruhnya, Malang : Fakultas Teknik Mesin, Universias Negeri Malang.

Prayudha, Sandi Gusti. 2018. Hubungan Antara Adiksi Game Online Dengan Keterampilan Sosial Pada Remaja. Skripsi Thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Putra, Febri Ika. Dkk. 2020. Faktor Penyebab Siswa Yang Terisolir Studi Kasus Di Smk Pgri 1 Palembang. JUANG: Jurnal Wahana Konseling. 3. (1).

Widyanti, F. 2008. Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir di Sekolah Dasar dengan Permainan Tradisional. Tesis. Bandung : Universitas Penbdidikan Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i2.3446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.