PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMK PANJATEK BEKASI

Bahjatul Arifah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran perilaku asertif siswa SMK Panjatek Bekasi, (2) untuk mengetahui gambaran regulasi emosi siswa SMK Panjatek Bekasi, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh regulasi emosi terhadap perilaku asertif pada siswa SMK Panjatek Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat. Subjek penelitian berjumlah 232 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Peneliti menggunakan angket skala likert dalam pengumpulan data. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment Karl Pearson dengan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) gambaran regulasi emosi siswa SMK Panjatek Bekasi berada pada kategori rendah, (2) gambaran perilaku asertif siswa SMK Panjatek Bekasi berada pada kategori cukup rendah, (3) hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara regulasi emosi terhadap perilaku asertif.

References


Ana dkk. (2015). Pengaruh Perilaku Teman Sebaya Terhadap Asertivitas Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.

Astuti, D.W. (2019). Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Konsep Diri dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Temanggung. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2019).

Azwar, Saifuddin. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dewi, Anggraheni P & Siti Ina S. (2021). Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Asertivitas pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, Vol 8 (6).

Puspa, D. (2019). Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Sabilina di Tembung. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Medan, 2019).

Rif’ati, Mas Ian. (2018). Pola Regulasi Emosi Orang Tua dengan Anak Temper Tantrum. Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial, 2-3.

Risyana, D. (2019). Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Perilaku Cyberbullying pada Remaja. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2019).

Silaen, Anastasia C & Kartika Sari D. (2015). Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Asertivitas (Studi Korelasi pada Siswa di SMA Negeri 9 Semarang). Jurnal Empati, Vol 4 (2), 175-181.

Santoso, Agus. (2021). Mengontrol Emosi Menjadi Seni Edisi I. Surabaya: Global Aksara Pres.

Sari, R. A. (2021). Pendekatan dan Model Pelayanan BK Pola 17 Plus Jenis Layanan BK. Universitas Negeri Padang.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i2.4330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.