FAKTOR-FAKTOR PENGHALANG DALAM MEMILIH KARIR PADA SISWA SMA DI TAIWAN

Nursyamsi Nursyamsi

Abstract


Tulisan ini dikembangkan dari hasil penelitian Hsiu-Lan Shelley Tien, Ying Fen –Wang, Ling Chun Liu. yang disampaikan pada Conference of the American Psychological Assocition in August 2006 in New Orleans, Lousiana. Penelitian yang dilakukan oleh tim ini pada siswa-siswa SMA di Taiwan, bertujuan untuk menemukan halangan-halangan dalam memilih karir. Diskriminasi gender masih merupakan salah satu faktor penghalang bagi perempuan di Taiwan untukmendapatkan pekerjaan. Dari temuan penelitian ini terdapat beberapa faktor yang menghalangi siswa dalam memilih karir. Seperti ilmu pengetahuan, diskriminaasi seks, tanggung jawab keluarga, sikap siswa dalam memilih karir, konflik multi peran, tidak cukup berpengalaman, tidak puas dengan karir, cacat fisik, faktor usia, dan campur tangan pernikahan dan anak. Karir yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu rentang aktifitas yang dilakukan seseorang dalam bekerja yang didasari atas kemampuan, pengetahuan, sikap, dan kebutuhan dalam kehidupannya.

References


Dayaksini, T. dan Yuniardi, S. (2008). Psikologi Lintas Budaya. Malang:UMM Press.

Donald Kelly, F. (2001). Florida’s School Counseling and Guidance Framework : A Comprehensive Student Development Program Model, Florida : Florida Department of education.

Crites, JO. (1982). CareerCounseling Models, Method, and Materialas. New York : McGraw Hills Book Company.

Surya, M. (2008). Mewujudkan Bimbingan dan KonselingProfesional. Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Psikologi Pendidikan Nasional.

Supriatin, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Nebebfah. Bandung : Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Pendidikan Indonesia.

Tien, H-L Shelley. Dkk. (2009). “Global Vision The Role of Career Barriers in High School Students, Career Choice Behaviour in Taiwan”. The Career Development Quarterly. Volume 57 Number 3. March 2009.

Winkel, WS, &M. M. Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta :Media Abadi.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v4i1.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.