Konformitas Teman Sebaya Sebagai Pembentuk Perilaku Individu

Safri Mardison

Abstract


Konformitas merupakan perubahan perilaku remaja sebagai usaha untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok dengan acuan baik ada maupun tidak ada tekanan secara langsung yang berupa  suatu tuntutan tidak tertulis dari kelompok sebaya terhadap anggotanya namun memiliki pangaruh yang kuat dan dapat menyebabkan munculnya perilaku-perilaku tertentu pada remaja anggota pada kelompok tersebut. Hasil dar proses konformitas bisa posistif dan bisa juga negatif. Dalam proses perkembangannya remaja yang melakukan konformitas mempunyai masalah dalam hal pergaulan dan penyesuaian diri. Dengan adanya kegiatan bimbingan dan konseling diharapkan bisa membantu pengembangan konformitas positif terutama untuk layanan bimbingan dan konseling kelompok.


References


Carole Wade dan Carol Tavris. 2007. Psikologi. Jakarta: Erlangga.

David O. Sears, Jonathan L. Freedman, L. Anne Peplau. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. ABKIN: Bandung.

Hurlock, E. 1997. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

John W. Santrock.2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga.

Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Robert A. Baron, Donn Byrne. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga

Santrock, John.W. 2007. Perkembangan Anak (Alih bahasa Mila Racmawati & Anna Kuswanti). Jakarta : Erlangga

Sarlito Wirawan Sarwono. 2005. Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarwono, S. W. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Press.

Shelly E. Taylor, Letina Anne Peplau, David O. Sears. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v2i1.941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.