Mengembangkan Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Klasikal oleh Pendidik

Amirah Diniaty

Abstract


Pembelajaran klasikal berisi proses komunikasi, yang melibatkan pendidik, sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan bahkan timbal balik terjadi multiarah. Komunikasi yang lancar antara pendidik dan peserta didik akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang berlangsung dan pencapaian tujuan pembelajaran itu sendiri. Untuk itu skill pendidik terutama dibutuhkan untuk dapat mengembangkan komunikasi yang efektif dalam proses pembelajaran di kelas. 


References


Ansyar, Mohamad.2015. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group

Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk Mengajar Edisi 9 Buku 1. Terjemahan oleh Made Feida Yulia. Jakarta: Salemba.

Asep Sapaat .2012. Stop menjadi guru.Jakarta: PT Tangga Pustaka

Bill Scott. 1986. Keterampilan Berkomunikasi. Jakarta: Binarupa Aksara

Darmansyah.2002. Strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor. Jakarta:

Heinich Robert, Michel Molenda, Jame D.Russel. 1982. Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York: Jhon Wiley & Sons,Inc.

M. Sobry Sutikno. 2007. Belajar dan Pembelajaran., Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung : Prospect

Moh. Uzer Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PT Remadja Rosda Karya

Onong Uchana Efendi.2005. Ilmu Komunikasi teori dan praktek. Jakarta: PT Remadja Rosda Karya.

Onong Uchana Efendi.2008. Dinamika Komunikasi . Jakarta: PT Remadja Rosda Karya.

Partin, L., Ronald. 2009. Kiat Nyaman Mengajar di dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Pawit M. Yusuf. 1990. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Prayitno. 2014. Pembelajaran melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Padang: UNP Press

Supratiknya. 1995. Komunikasi antar Pribadi Tinjauan Psikologi. Yogyakarta: Konisius


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v2i2.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.