Mengembangkan Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Klasikal oleh Pendidik
Abstract
Pembelajaran klasikal berisi proses komunikasi, yang melibatkan pendidik, sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan bahkan timbal balik terjadi multiarah. Komunikasi yang lancar antara pendidik dan peserta didik akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang berlangsung dan pencapaian tujuan pembelajaran itu sendiri. Untuk itu skill pendidik terutama dibutuhkan untuk dapat mengembangkan komunikasi yang efektif dalam proses pembelajaran di kelas.
References
Ansyar, Mohamad.2015. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group
Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk Mengajar Edisi 9 Buku 1. Terjemahan oleh Made Feida Yulia. Jakarta: Salemba.
Asep Sapaat .2012. Stop menjadi guru.Jakarta: PT Tangga Pustaka
Bill Scott. 1986. Keterampilan Berkomunikasi. Jakarta: Binarupa Aksara
Darmansyah.2002. Strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor. Jakarta:
Heinich Robert, Michel Molenda, Jame D.Russel. 1982. Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York: Jhon Wiley & Sons,Inc.
M. Sobry Sutikno. 2007. Belajar dan Pembelajaran., Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung : Prospect
Moh. Uzer Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PT Remadja Rosda Karya
Onong Uchana Efendi.2005. Ilmu Komunikasi teori dan praktek. Jakarta: PT Remadja Rosda Karya.
Onong Uchana Efendi.2008. Dinamika Komunikasi . Jakarta: PT Remadja Rosda Karya.
Partin, L., Ronald. 2009. Kiat Nyaman Mengajar di dalam Kelas. Jakarta: Indeks.
Pawit M. Yusuf. 1990. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Prayitno. 2014. Pembelajaran melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Padang: UNP Press
Supratiknya. 1995. Komunikasi antar Pribadi Tinjauan Psikologi. Yogyakarta: Konisius
DOI: 10.15548/atj.v2i2.950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.