تقويم المفردات فى كتاب دروس اللغة العربية التى أعدته وزارة الشؤون الدينية للمرحلة الثانوية لمنهج 2013

Mezi Candra Putra

Abstract


Masalah utama pada penelitian ini adalah bagaimana kosa kata baru (mufradat) pada buku ajar Bahasa Arab untuk tingkat Tsanawiyah, yakni berapa jumlah kosa kata baru (mufradat), bagaimana posisinya, serta bagaimana pola-pola latihannya. Karena itu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jumlah kosa kata baru (mufradat) pada buku ajar tingkat Tsanawiyyah, mengetahui posisinya, serta untuk mengetahui pola-pola latihannya. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan metode analisis isi dan analisis deskriptif. Sumber data utama adalah buku ajar Bahasa Arab tingkat Tsanawiyah kurikulum 2013 pada kelas tujuh. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah kosa kata baru (mufradat) pada buku ajar Bahasa Arab tingkat Tsanawiyah kelas tujuh adalah 186 mufradat, posisi kosa kata baru (mufradat) pada buku ajar ini terletak pada awal materi, materi hiwar (percakapan), materi tarkib, materi qira’ah, materi kitabah. Pola-pola latihannya adalah melengkapi kalimat (jumlah), menentukan kata asing, menghubungkan kata yang cocok, memilih kata di dalam kurung. Jenis kata baru (mufradat) terdapat enam jenis yaitu: mufradat hissiyyah 164 mufradat, mujarradah 16 mufradat, nasyithah 166 mufradat, khamilah 4 mufradat, muhtawa 160 mufradat, dan wazhifah 20 mufradat.
Kata Kunci: evaluasi, kosa kata baru, buku ajar bahasa Arab untuk kelas tujuh tingkat tsanawiyah


Abstract views : 186 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 141 times

References


Abdul Halim Hanafi, Metodologi Penelitian Bahasa,(Batu sangkar: STAIN Batu Sangkar Press, 2010), cet ke 2

Endang Rumaningsih, Bahasa Indonesia, Semarang: CV Triadan JayaK 2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UPT Pengembangan Bahasa, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Jl. M. Yunus No. 1, Lubuk Lintah, Kuranji. Kota Padang, Sumatera Barat 25153