تعليم القراءة باستخدام أسلوب فكر وزاوج وشارك لدى طلبة تعليم اللغة العربية في كلية التربية وتأهيل المدرسين بجامعة إمام بنجول الإسلامية الحكومية

أزوار أزوار, عليا حسنى

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan belajar siswa Maharah al-Qiraah dari Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Itu terlihat dalam evaluasi dan antusiasme siswa dalam mempelajari Maharah al-Qiraah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan aplikasi dan hasil pembelajaran model pembelajaran Think-Pair-Share ke Studi Maharah Al-Qiraah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share sangat efektif karena siswa aktif dalam proses pembelajaran. Dan kemampuan belajar siswa Maharah al-Qiraah dari Pendidikan Bahasa Arab di Imam Bonjol Universitas Islam Negeri Padang telah meningkat. Rata-rata pre-test adalah 74,63 dan rata-rata post-test adalah 87,83. Artinya, model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa Maharah al-Qiraah. Belajar dengan model Think-Pair-Share membuat siswa lebih aktif dan menerima pembelajaran dengan menyenangkan.
Kata Kunci: maharah al-qiraah, think-pair-share.


Abstract views : 99 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 154 times

References


Goodman, K. 1988. the Reading Process. Cambridge University Press

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UPT Pengembangan Bahasa, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Jl. M. Yunus No. 1, Lubuk Lintah, Kuranji. Kota Padang, Sumatera Barat 25153