Analysis of Arabic Language Learning on the Arabiyah Talks Instagram from a Constructivist Approach Perspective

Prayoga Saputra, Ifkar Rasyid, Mamluatul Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran bahasa Arab melalui akun Instagram @Arabiyah Talks dengan perspektif pendekatan konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara online. Konten yang diteliti mencakup materi dan strategi pembelajaran, termasuk Mufrodat, Kalam, dan qiroah, serta evaluasi yang diposting dan dapat diakses oleh pengguna Instagram. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik studi dokumentasi dengan fokus pada postingan terkait mufrodat, kalam, dan qiroah. Langkah-langkah penelitian mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data, penarikan kesimpulan, dan pemeriksaan keabsahan data. Pengumpulan data melibatkan pencatatan materi dan evaluasi yang diposting, sedangkan reduksi data melibatkan merinci data relevan dan menyusunnya dalam kategori atau tema. Penyajian data dilakukan melalui narasi, kutipan, dan penggunaan tabel atau diagram. Analisis data difokuskan pada pendekatan konstruktivisme, dengan mengidentifikasi pola, tema, atau tren dalam penyajian materi dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menarik kesimpulan berdasarkan temuan analisis terhadap penyajian materi dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Keabsahan data diuji melalui triangulasi data dengan memanfaatkan sumber data lain atau perspektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @Arabiyah Talks memberikan kontribusi dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan berbagai fitur Instagram, seperti Feeds dan Stories. Materi dan strategi pembelajaran, termasuk Mufrodat, Kalam, dan qiroah, disajikan secara inovatif. Evaluasi dilakukan melalui berbagai cara, seperti polling dan pertanyaan jawab, untuk meningkatkan partisipasi peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab melalui media sosial, khususnya Instagram, dengan pendekatan konstruktivisme.

Kata Kunci: Pembelajaran, bahasa Arab, Instragram, Teori Kontruktivisme..

Full Text:

PDF

Abstract views : 72 times
PDF : 71 times

References


Andiva, Hartila Putri. Pembuatan Konten Youtube Untuk Memenuhi Kebutuhan Literasi Informasi Siswa Di SMP N 1 Kota Pariaman. Universitas Negeri Padang, 2023.

Anggraeni, Aisyah. “Urgensi Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Pada Pembelajaran PKn SD Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, vol. 14, no. 2, 2019.

Arviansyah, Muhammad Reza, and Ageng Shagena. “Efektivitas Dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 17, no. 1, 2022, pp. 40–50.

Audina, Noor Amalina, and Muassomah Muassomah. “Instagram: Alternatif Media Dalam Pengembangan Maharah Al-Kitabah.” Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, 2020, pp. 77–90.

Aziz, Miswarul Abdi, and Teuku Sanwil. “TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN APLIKASI NYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, vol. 1, no. 1, 2022, pp. 76–83.

Dinillah, Ulya, and Aka Kurnia SF. “Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pada Akun@ Tentangislam Dan@ Harakahislamiyah).” KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 54–67.

Fuadah, Salimatul. “Penggunaan Media Instagram@ Nahwu_Pedia Dalam Mahārah Al Qira’ah Dan Mahārah Al Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab.” Studi Arab, vol. 11, no. 2, 2020, pp. 137–51.

Hariati, Hariati. Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Media Herbarium Dengan Media Gambar Pada Materi Fungi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kab. Takalar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.

Hasanah, Nurul. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Sd Negeri 050763 Gebang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 34–41.

Jayul, Achmad, and Edi Irwanto. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, vol. 6, no. 2, 2020, pp. 190–99.

Masgumelar, Ndaru Kukuh, and Pinton Setya Mustafa. “Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.” GHAITSA: Islamic Education Journal, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 49–57.

Maula, Ismilah, et al. “PENGUATAN MATEMATIKA BELIEF MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISME GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI ERA SOCIETY 5.0.” ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), vol. 4, no. 1, 2023, pp. 559–64.

Nerita, Siska, et al. “PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN.” JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, 2023, pp. 292–97.

Pertiwi, Hesti. “Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari–Hari Melalui Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling Kelas XI SMA Negeri 3 Sukadana.” Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 65–69.

Sagiyanto, Asriyani, and Nina Ardiyanti. “Self Disclosure Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Anggota Galeri Quote).” Nyimak: Journal of Communication, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 81–94.

Saputro, M. Nugroho Adi, and Poetri Leharia Pakpahan. “Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Journal of Education and Instruction (JOEAI), vol. 4, no. 1, 2021, pp. 24–39.

Sari, Anggi Damora. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Fitur ‘Reels Instagram’ Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, FBS Unimed Press, 2021, pp. 33–38.

Siddiq, M. Izzatul. Analisis Etika Bermedia Sosial Dalam Pemanfaatan Instagram Oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau, 2022.

Sujefri, Alfan. ت


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UPT Pengembangan Bahasa, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Jl. M. Yunus No. 1, Lubuk Lintah, Kuranji. Kota Padang, Sumatera Barat 25153