Implementasi Metode Pengembangan Extreme Programming Pada Sistem Informasi Pengelolaan Inventaris Aset Kantor

Agung Tri Prastowo, Sanusi Sanusi

Abstract


Pengelolaan aset yang baik merupakan satu diantara beberapa faktor yang dapat mendukung sebuah perusahaan maupun instansi dapat mencapai tujuannya. Kantor Kecamatan Natar dalam pengelolaan asetnya dilakukan dengan melakukan pencatatan di komputer dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Hal ini tentunya terdapat beberapa kendala diantaranya pencatatan untuk masing-masing jenis aset dibuat dalam beberapa file sehingga perlu mencari file tersebut jika dibutuhkan secara mendadak. Selain itu dengan cara seperti ini tidak terdokumentasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan sistem pengelolaan inventaris aset kantor dengan menerapkan pendekatan pengembangan sistem Extreme Programming (XP). Metode ini merupakan pendekatan yang dapat menghasilkan perangkat lunak dengan waktu yang singkat. Pada hasil uji dengan usability menghasilkan rata-rata penilaian sebesar 89%, dimana hasil tersebut tergolong pada kriteria baik. Ini artinya, sistem yang dibangun dapat dikatakan layak untuk diterapkan.

Keywords


extreme programming; inventaris aset; pengembangan sistem; sistem informasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/isrj.v3i01.5861
Abstract views : 353 times
PDF : 322 times

References


H. Mardivta and M. I. Herdiansyah, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Aset (Studi Kasus: Satuan Kerja Teknologi Informasi PT. Bukit Asam, Tbk),” J. Ilm. MATRIK, vol. 24, no. 1, pp. 1–9, 2022.

I. K. S. Setiawan and I. N. Y. A. Wijaya, “Sistem Informasi Manajemen Aset dan Inventaris menggunakan QR Code di Kantor Camat Petang,” J. Ilmu Komput. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2020.

M. Jannah, S. Suhartono, and U. S. Sidin, “Sistem Informasi Aset (SIMaset) Barang dan Dokumen Berbasis Web,” J. Teknosains, vol. 15, no. 3, pp. 367–380, 2021.

M. Z. Musoffa, E. S. Susanto, and Y. Mulyanto, “Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web di Universitas Teknologi Sumbawa,” JINTEKS (Jurnal Inform. Teknol. dan Sains), vol. 4, no. 1, pp. 42–51, 2022.

R. I. Borman, A. Rosidi, and M. R. Arief, “Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pamekasan Dengan Pendekatan Human-Organization- Technology (HOT) Fit Model,” J. Teknol. Inf., vol. VII, no. 19, pp. 1–18, 2017.

R. D. Gunawan, T. Oktavia, and R. I. Borman, “Perancangan Sistem Informasi Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Berbasis Online (Tudi Kasus: SMA N 1 Kota Bumi),” J. Mikrotik, vol. 8, no. 1, pp. 43–54, 2018.

I. Ahmad, E. Suwarni, R. I. Borman, A. Asmawati, F. Rossi, and Y. Jusman, “Implementation of RESTful API Web Services Architecture in Takeaway Application Development,” in International Conference on Electronic and Electrical Engineering and Intelligent System (ICE3IS), 2022, pp. 132–137. doi: 10.1109/ICE3IS54102.2021.9649679.

I. Ahmad, A. T. Prastowo, E. Suwarni, and R. I. Borman, “Pengembangan Aplikasi Online Delivery Sebagai Upaya Untuk Membantu Peningkatan Pendapatan,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 5, no. 6, pp. 4–12, 2021.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” J. Invotek Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 2, pp. 297–307, 2020.

L. Rusdiana, “Extreme Programming Untuk Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Keterangan Kependudukan,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, p. 49, 2018, doi: 10.26594/register.v4i1.1191.

A. Trisnadoli, “Implementasi Extreme Programming (XP) Agile Software Development pada Pengembangan Sistem Informasi KELUARGAKU,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 6, no. 2, pp. 305–311, 2021.

N. A. Septiani and F. Y. Habibie, “Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 3, no. 3, pp. 341–349, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3931.

E. Y. Anggraeni and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

R. Ekawati and E. Wahyudiharto, Perancangan Strategis Sistem Informasi. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

I. B. Pamungkas and A. T. Putranto, Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Penerbit Widina, 2021.

I. Mahendra and D. T. E. Yanto, “Agile Development Methods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web (Studi Kasus: Bank BRI Unit Kolonel Sugiono),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 2, pp. 13–24, 2018.

D. H. Pertiwi, “Metode Extreme Programming (XP) Pada Website Sistem Informasi Franchise LKP Palcomtech,” J. Mikrotik, vol. 8, no. 1, pp. 86–98, 2018.

R. I. Borman, A. T. Priandika, and A. R. Edison, “Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan,” JUSTIN (Jurnal Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 272–277, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.40273.

A. Supriyatna, “Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 1–18, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i1.6628.

A. D. Saputra and R. I. Borman, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Foto Berbasis Android (Studi Kasus: Ace Photography Way Kanan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 87–94, 2020.

N. Y. Arifin et al., Analisa Perancangan Sistem Informasi. Batam: Cendikia Mulia Mandiri, 2021.

R. D. Gunawan, R. Napianto, R. I. Borman, and I. Hanifah, “Penerapan Pengembangan Sistem Extreme Programming Pada Aplikasi Pencarian Dokter Spesialis di Bandar lampung Berbasis Android,” J. Format, vol. 8, no. 2, pp. 148–157, 2019.

R. I. Borman, B. Priopradono, and A. R. Syah, “Klasifikasi Objek Kode Tangan pada Pengenalan Isyarat Alphabet Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo),” in Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA), 2017, no. September, pp. 1–4.

M. I. Farouqi, I. Aknuranda, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi UBER Menggunakan Pengujian Usability,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2599–2606, 2018.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gedung Fakultas Sains dan Teknologi 
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Sungai Bangek, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.