Analisis Kesesuaian Tugas Terhadap Dampak Kinerja dan Penggunaan Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar di Sekretariat Daerah Kabupaten Majalengka

Nurul Fikriyani Solihah, Asti Ratnasari

Abstract


Teknologi informasi mengalami peningkatan yang pesat dan cepat sehingga menuntut manusia untuk terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Beberapa instansi pemerintahan di Indonesia sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk proses pengelolaan surat dengan menggunakan Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (Sisumaker) salah satunya di Sekretariat Daerah Kabupaten Majalengka. Penerapan Sisumaker di Instansi Pemerintahan yang ada di Indonesia sangat membantu dalam proses pengelolaan surat menyurat. Pada penelitian ini akan menganalisis faktor yang mempengaruhi kesesuaian tugas dan teknologi terhadap dampak kinerja dan penggunaan Sisumaker. Teori Goodhue dan Thompson digunakan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesesuaian tugas dan teknologi terhadap dampak kinerja dan penggunaan Sisumaker. Populasi yang  ditetapkan pada penelitian ini adalah pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Majalengka yang menggunakan Sisumaker. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden secara online menggunakan google form. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian sebanyak 45 responden. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahwa 4 (empat) hipotesis semuanya berpengaruh positif dan signifikan sehingga dinyatakan diterima. Variabel yang secara signifikan berpengaruh positif yaitu Task Characteristic terhadap Task Technology fit, Technology Characteristic  terhadap Task Technology Fit, Task Technology Fit terhadap Perfomace Impacts dan Task Technology Fit terhadap Technology Use.

Keywords


Task Technology Fit (TTF), Sisumaker, Majalengka

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/isrj.v4i01.7236
Abstract views : 75 times
PDF : 61 times

References


Naibaho, Rahmat Sulaiman. 2017. “Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan.” Jurnal Warta (April): 4. https://media.neliti.com/media/publications/290731-peranan-dan-perencanaan-teknologi-inform-ad00d595.pdf.

Nurdiwiyandra, Sidiq Arbingta. 2018. “Analisis Kesesuaian Tugas Teknologi Terhadap Dampak Kinerja Menggunakan Model Task Technology Fit Pada Pt Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya.” 7(1): 121.

Crystal, Inggil De, Sustin Farlinda, Novita Nuraini, and Andri Permana Wicaksono. 2020. “Evaluasi Implementasi Aplikasi Primary Care Dengan Menggunakan Metode Task Technology Fit Di Puskesmas Patrang Kabupaten Jember Tahun 2019.” J-Remi Vol. 1(4): Hal 502-510. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/j-remi/article/view/2127.

Gama, Mariana Anselia, Suwardi Bambang, and Fidiana. 2019. “Pengaruh Task Technology Fit Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi Dimediasi Oleh Pemanfaatan Smartphone.” https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2985/2/16 PEER IT KRA.pdf.

Aw, Suranto, Rosidah, and Joko Kumoro. 2015. “Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi.” Prodi P.ADP FF UNY 13(1): 1–100.

Hermawan, Rino Tri, and Sawarni Hasibuan. 2016. “Analisis Pengaruh Tingkat Pengalaman Dan Coaching Style Terhadap Kualitas Kepemimpinan Manajer Proyek Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Di PT. JCI.” Jurnal PASTI XI(1): 84–97.

Sari, Eka Yuliana. 2019. “Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.” Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar III(2): 16–22.

Trenggonowati, Dyah Lintang, and Kulsum. 2018. “Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia.” Journal Industrial Servicess 4(1): 48–56.

Junianto, Dwi, and Sabtohadi, Joko.2020."Pengaruh Sistem Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri Pabrik Gula". Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 9(1): 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gedung Fakultas Sains dan Teknologi 
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Sungai Bangek, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.