Urgensi Pembelajaran Moderasi Beragama Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Yaspira Ngambon Bojonegoro Jawa Timur

Dicky Eko Prasetio, M. Adib Nur Huda

Abstract


Moderasi beragama menjadi salah satu aspek penting dalam pendidikan di Indonesia. Terutama dalam mengoptimalkan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebagai faktor terpenting dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama. Penelitian ini berfokus pada urgensi serta upaya menumbuhkembangkan sikap moderasi beragama di MTS Yaspira Ngambon, Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dilengkapi observasi di MTS Yaspira, Ngambon, Bojonegoro. Data diperoleh dari studi kepustakaan terkait moderasi beragama dengan observasi di MTS Yaspira, Ngambon, Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi sikap moderasi beragama dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menjadi penting terutama terkait fenomena kenaikan sikap intoleransi beragama yang naik pada tahun 2020. Selain itu, upaya menumbuhkembangkan sikap moderasi beragama juga penting terutama dengan mengoptimalkan tiga pendekatan, yaitu: pendekatan kontekstualisasi materi pembelajaran, pendekatan fenomena di masyarakat, serta pendekatan terkait contoh dan sikap moderasi beragama.


Full Text:

PDF 28-34

Abstract views : 1298 times
PDF 28-34 : 456 times

References


Abdul Rahman, Wahyu Naldi, Adiyatna Arifin, F. M. R. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 6.

Al-Farabi, Q. (2021). Pandemi Covid-19, Pelanggaran Intoleransi di Indonesia Meningkat. jateng.inews.id. https://jateng.inews.id/berita/pandemi-covid-19-pelanggaran-intoleransi-di-indonesia-meningkat (Diakses Pada Tanggal 18 Oktober 2021).

Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92.

Anwar, S., & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bnagsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah, 9(2), 233–247.

Fradhana Putra Disantara, D. E. P. (2020). The Little Vatican : Optimalisisasi DWIPA ( Desa Wisata Pancasila ) sebagai Upaya Meningkatkan Harmonisasi Sosial dan Tolerans. Law, Development & Justice Review, 3(1), 42–56.

Gunawan Sumodiningrat, A. W. (2015). Revolusi Mental: Pembentukan Karakter Bangsa Indonesia (1st ed.). Buku Seru.

Guritno, T. (2021). Riset Setara Institute: Intoleransi atas Kebebasan Beragama-Berkeyakinan Paling Banyak Terjadi pada 2020. kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2021/04/06/18065451/riset-setara-institute-intoleransi-atas-kebebasan-beragama-berkeyakinan (Diakses Pada Tanggal 18 Oktober 2021).

Hadiat, S. (2021). Mengarusutamakan Moderasi Beragama di Kalangan Remaja: Kajian Konseptual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidika, 7(5), 158–167.

Kemendikbud. (n.d.). Referensi Data Kemendikbud. kemdikbud.go.id. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=20582654 (Diakses Pada Tanggal 18 Oktober 2021).

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi (1st ed.). UB Press.

Muh. Ali Masnun, R. N. P. (2020). Disharmoni dalam Pengaturan Kurikulum, Pendidikan Pancasila, dan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Supremasi, 4(1), 9–18.

Palinggi, S., & Ridwany, I. (2020). Peran Nilai-Nilai Moral Pancasila dalam Kemajuan Teknologi di Era Milenium. Seminar Nasional (SEMNAS) Bela Negara, March, 48–53. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2020/9_Sandryones_Hlm_48-53.pdf

Rosyida Nurul Anwar, S. M. (2021). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.

Sabara. (2020). Beragama dengan Moderat di Era Pandemi COVID-19. Mimikri, 6(2), 131–149.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.