Transformasi Pendidikan Islam (Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an)

Reni Prasetyawati

Abstract


Pendidikan bagi umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat, tanpa pendidikan sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan cita-cita untuk maju, sejahtera dan bahagia. Untuk itu peran penting pendidikan dalam mencerdaskan dan membimbing manusia terutama generasi yang islami tentunya harus berparadigma, yakni mempunyai cara berpikir berdasarkan pandangan yang menyeluruh dan konseptual terhadap suatu realitas atau suatu permasalahan dengan menggunakan teori-teori ilmiah, eksperimen, dan metode keilmuan yang bisa dipercaya, dan kesemuanya itu termaktub dalam al-Qur’an. Dengan demikian, pendidikan berparadigma Al-Quran sesungguhnya menyediakan kemungkinan yang sangat besar untuk dijadikan cara berpikir. Pengembangan eksperimen-eksperimen ilmu pengetahuan dengan pendidikan berdasarkan paradigma Al-Quran jelas akan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan umat manusia.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Muzayyin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arifin, Muzayyin. 2016. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Daulay, Haidar Putra. 2014. Pendidikan Islam dalam Perespektif Filsafat. Jakarta: Kencana.

Daud, Mohammad. 2013. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Khaeruddin & Junaedi, Mahfud. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Jogjakarta: Pilar Media & MDC Jateng.

Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Muhaimin, 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nurwadjah, Ahmad. 2007. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan: Hati yang Selamat hingga Kisah Luqman. Bandung: Marja.

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Salim, Moh. Haitam & Kurniawan, Syamsul. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.

Shihab, M. Quraish. 2007. Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan Pustaka.

Umar, Bukhari. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Wiyani, Novan Ardy & Barnawai. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Zuhairini, dkk. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.