Peningkatan Kompetensi Dan Peran Guru Madrasah Melalui Kegiatan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Pada Era REVOLUSI 4.0

Mustaidah Mustaidah, Noor Malihah

Abstract


Profesi seorang guru sangat perlu pengembangan untuk meningkatkan kompetensi mereka. Sehingga perlu adanya sebuah kegiatan yang mendukung hal tersebut. Dalam kajian ini membahas tentang sebuah kegiatan PKB. Melalui kegiatan PKB diharapkan guru dapat melakukan inovasi pembelajaran guna meningkatkan aktivitas siswa.. Dalam penelitian ini juga dipaparkan peran guru dalam pembelajaran abad 21 berbasis teknologi. Penelitian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui media online, seperti jurnal dan laman http serta perpustakaan. Seorang guru memiliki berbagai peran dalam membimbing dan mendidik siswa juga mengelola dan melaksanakan pembelajaran dikelas. Pada era revolusi 4.0 mempunyai 10 peran pokok untuk membimbing para peserta didik. Kegiatan PKB ini telah memberikan pemahaman dan pengetahuan baru bagi para guru. Mereka dapat merencanakan , melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran . Ini menunjukkan bahwa setelah guru mengikuti kegiatan PKB, mereka meningkat pada profesionalitasnya.

Full Text:

PDF

Abstract views : 195 times
PDF : 152 times

References


Agus Dudung, Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru - Guru Se Jakarta Timur, Jurnal Sarwahita Volume 11 No. 1

Kemdikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 65 Tahun 2013” Tentang Standar Proses (Jakarta: Kemdikbud, 2013)

D.Hisyam, dan Suyanto, Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia (Yogyakarta: Adi Cita, 2000)

Danim, Karya Tulis Inovatif Sebuah Pengembangan Profesi Guru https://elpramwidya.wordpress.com/2010/03/15/kecakapan-utama-seorang-guru-di-abad-21

Husnul Fathiyah Syakir, Arismunandar , Faridah, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Di SMP NEGERI 10 Makassar, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

M Lukman Syafii, Peningkatan kompetensi guru menuju pelaksanaan dan tanggung jawab secara mandiri, Jurnal Lentera, ISSN: 1693 – 6922

Rayinda Dwi Prayogi, Rio Estetika, Kecakapan Abad 21: kompetensi digital Pendidik masa depan, Jurnal Manajemen Pendidikan - Vol. 14, No. 2, Desember 2019: 144-151

Sri Susmiyati, Zurqoni,Memotret kinerja guru madrasah dalam pembelajaran, Southeast Asian Journal of Islamic Education Volume 02, No. 02, 2020 E-ISSN: 2621-5861, P-ISSN: 2621-5845 https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2266

Slameto. 2010. Belajar dan Faktorfaktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Tiarmayanti Novita Sonia (2019), Menjadi guru abad 21: Jawaban tantangan pembelajaran revolusi industry 4.0, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED ISBN: 978-623-92913-0-3

Zed, Mestika (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

http://smkkrian1.sch.id/2020/08/19/refleksi-peran-guru-abad-21/

https://news. Unika.ac.id>2020/07

https://web.mtsalmarufmargodadi.sch.id/page/detail/mars-madrasah-lirik-dan-lagu

https://naikpangkat.com/wajib-tahu-begini-pentingnya-pengembangan-keprofesian-berkelanjutan-pkb-bagi-guru/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.