Model Penafsiran Kisah oleh Muhammad Abduh dalam Al-Manar: Studi Kisah Adam pada Surah Al-Baqarah
DOI: 10.15548/mashdar.v2i2.1695Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
`Abbûd, Abdul Ghanî. Al-Anbiyâ’ Wa al-Hayâh al-Mu`âshirah. Cet.I. Kairo: Dar al-Fikr al-Arabi, 1978.
Abbas, Nurlaelah. “Muhammad Abduh: Konsep Rasionalisme Dalam Islam.” Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 1 (2014): 51–68.
Abduh. Tafsîr Al-Manâr I, n.d.
Al-Tharwanah, Sulaiman. “Rahasia Pilihan Kata dalam Al-Qur’an.” In Dirâsah Nashshiyah Ādâbiyah fî al-Qishshah al-Qur’âniyah, Cet.I., 4. Jakarta: Qisthi Press, 2004.
Amir, Fathî Ahmad. Al-Ma’ânî al-Tsâniyah Fî al-Uslûb al-Qur’ânî. Cet.I. Iskandariyah: Minsya’ât al-Ma’ârif, 1976.
Ayâzî, Muhammad `Ali. Al-Mufassirûn: Hayâtuhum Wa Manhajuhum. Cet. I. Teheran: Mu’assasah al-Thibâ`ah wa al-Nasyr Wizârah al-Tsaqâfah wa al-Irsyâd al-Eslâmî, 1373.
Azis, Ahmad Khairuddin. “Setan Dalam Al-Quran: Studi Kritis Tentang Makna Setan Perspektif Tafsir Anwar al-Tanzil Wa Asrar al-Ta’wil.” Diya’ al-Afkar 5, no. 2 (2017): 429–52.
Bâqî, Muhammad Fu’ad ‘Abdul. “Al-Mu’jamal-Mufahras Li Alfâzh Alqur’an al-Karîm,” Cet.I., 24–25. Beirût: Dâral-Fikr, 1987.
Bustamam, Risman. Hakikat Al-Quran: Ulumul Quran Dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Cet.I. Jakarta: Kencana, 2018.
Chaer, Abdul. Linguistik Umum. Cet II. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Eriyanto. Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Cet. I. Jakarta: Kencana, 2011.
Fadli, Adi. “Menyoal Ādam Dalam Al-Qur’an Dan Teori Darwin (Kajian Tematik Berdasarkan Kata-Kata Kunci).” El-Hikam: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman 4, no. 2 (2011): 22–41.
Fatimah, T, and Djaja Sudarman. Semantik I: Pemahaman Ke Arah Ilmu Makna. Cet I. Bandung: Eresco, 1993.
Febriani, Nur Arfiyah. “Metode Tematik Multidisipliner: Aplikasi Pada Tafsir Ekologi Berwawasan Gender.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis 1, no. 2 (2019): 1–32.
Federsipel, Howard M. Kajian Al-Qur’an Di Indonesia. Cet. I. Bandung: Mizan, 1996.
Hafizh, M. Radhi al-. “Nilai Edukatif Kisah Al-Quran.” Disertasi Doktor, Pasacasarjana IAIN Sunan Kalijaga, 1995.
Halim, dkk, Abdul. “Karakteristik Pemegang Amânah Dalam Al-Quran.” Mashdar: Jurnal Studi al-Quran Dan Hadis 1, no. 2 (2019): 93–108.
Izutsu, Toshihiko. “Relasi Tuhan Dan Manusia: Pendekatan Semantik Terhadap al-Qur’an, Terj,” 2. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003.
Khalafullah, Muhammad Ahmad. “Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah: Seni, Sastra, dan Moralitas dalam Kisah-kisah Al-Qur’an.” In al-Fann al-Qashashî fî al-Qur’ân al-Karîm, 13–15 dan 159–76. Jakarta: Paramadina, 2002.
Komaruzaman, Komaruzaman. “Studi Pemikiran Muhammad Abduh Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 3, no. 01 (2017): 90–101.
Kusmana. “Epistemologi Tafsir Maqashidi.” Mutawâtir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis 6, no. 2 (2016): 207–31.
Lajnah Pentashih Mushhaf Al-Quran. “Al-Tafsir al-Ilmi: Kisah Para Nabi Pra Ibrahim Perspektif Al-Quran Dan Sains,” Cet. I., 27–53. Jakarta: Badan Litbang Diklat Kemenag RI dan LIPI, 2002.
Masduki. “Dampak Tafsir Muhammad ‘Abduh Terhadap Tafsir-Tafsir Sesudahnya.” TAJDID 25, no. 2 (2018): 141–54. https://doi.org/10.36667/tajdid.v25i2.324.
Pink, Johanna. “Interpreting the Qur’an Today: Between Tradition and New Media.” OASIS, 2019. www.oasiscenter.eu.
Rahman, Bobbi Aidi. “MODERNISME ISLAM DALAM PANDANGAN MUHAMMAD ABDUH.” Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam 2, no. 1 (2017): 39–50.
Ridhâ, Rasyîd. Tafsîr Al-Manâr Atau Tafsîr al-Qurâ’n al-Hakim. Cet.II. Jilid I. Kairo: Dâr al-Fikr, Tp.Th.
Shihab, Muhammad Quraish. Kaidah Tafsir. Jakarta: Lentera Hati, 2015.
———. Rasionalitas Al-Quran: Studi Kritis Atas Tafsir al-Manar. Cet.I. Jakarta: Lentera Hati, 2006.
Suprayogo, Imam, and Tobroni. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Cet. I. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Watt, W.Montgomery. “Pengantar Studi Al-Qur’an: Penyempurnaan atas Karya Richard Bell.” In Bell’s Introduction to the Qur’an, Cet.II., 204–17. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Refbacks
- There are currently no refbacks.