The Interpretation of Ahlul Bait on Tafsir al-Misbah: The Julia Kristeva Intertextuality Perspectives

Autor(s): Safira Malia Hayati, Adib Sofia, Arfad Zikri, Taufiqul Siddiq
DOI: 10.15548/mashdar.v4i2.3638

Abstract

This article aims to analyze the interpretation of Ahlul Bait in Al-Mishbah (a Tafsir created Shihab ) by Kristeva’s intertextuality theory. This study used thematic method, which examined in accordance with the the theme. Tafsir Al-Mishbah serves as the primary source for this research, beside using library research, with publications about the subject serving as secondary sources. The interpretation of Ahlul Bait is inextricably linked to his impact over other interpretations, such as Al-Mizan's. Shia's impression of him are suggested tobe examined because in his perspective, there is no attitude in an objective problem; rather, people will adopt and affected by their surroundings, upbringing, and educational and social experiences.

Keywords

interpretation; ahlul bait; tafsir al-mishbah; intertextuality; Julia Cristeva

Full Text:

PDF

References

Al-Ghifari, Muhammad Ali Fuadi. “AL-MAIDAH 51: SATU FIRMAN BERAGAM PENAFSIRAN KARYA M. QURAISH SHIHAB: ANALISIS INTERTEKSTUAL.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG, 2021, 133.

———. “AL-MAIDAH 51: SATU FIRMAN BERAGAM PENAFSIRAN KARYA M. QURAISH SHIHAB: ANALISIS INTERTEKSTUAL.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG, 2021, 133.

Berger, Peter L, dan Thomas Luckmann. “The Social Construction of Reality,” t.t., 125.

Farmawy, Abdul Hayy Al. Metode Tafsir Mawdhu’iy. Diterjemahkan oleh Suryan Jamrah. Jakarta: LSiK, 1994.

Faruqi, Ahmad, dan Ilif Zahrotul Fitriah. “ETIKA BERHIAS BAGI WANITA MENURUT AL-QUR’AN SURAT AL-AHZAB AYAT: 33.” Sumenep: SEKOLAH TINGGI ILMU AL-QUR’AN NURUL ISLAM (STIQNIS), 2020.

Fatmawati, Fatimah. “PENAFSIRAN SAB’ SAMAWAT DALAM KITAB TAFSIR AL-QUR’AN AL-AZIM KARYA IBNU KATSIR (Kajian Intertekstualitas Julia Kristeva),” no. 2 (2019): 16.

———. “PENAFSIRAN SAB’ SAMAWAT DALAM KITAB TAFSIR AL-QUR’AN AL-AZIM KARYA IBNU KATSIR (Kajian Intertekstualitas Julia Kristeva),” no. 2 (2019): 16.

Fuqohak, Muhammad Agus Zuhurul. “RIWAYAT AHLI BAIT DALAM DUNIA TAFSIR (STUDI KOMPARASI TAFSIR AR-RIWÂ’I DAN TAFSIR BI AL- MA’TSUR).” Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al Qur‟an dan Tafsir 13, no. 1 (2019).

Garwan, Muhammad Sakti. “Analisis Semiotika Pada Teks Al-Qur’an Tentang ‘Khamar’ Dalam Pendekatan Semanalisis Hingga Intertekstualitas Julia Kristeva.” Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 22, no. 1 (1 Mei 2020): 49. https://doi.org/10.22373/substantia.v22i1.6545.

Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta, 2013.

———. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta, 2013.

Hidayat, M Riyan. “Kisah Yajuj Majuj dalam Tafsir Al-Azhar : Analisis Intertekstualitas Julia Kristeva.” J-ALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam 06, no. 01 (2021).

———. “Kisah Yajuj Majuj dalam Tafsir Al-Azhar : Analisis Intertekstualitas Julia Kristeva.” J-ALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam 06, no. 01 (2021).

Husti, Ilyas. “STUDI KRITIS PEMIKIRAN QURAIS SHIHAB TERHADAP TAFSIR MUHAMMAD HUSAIN THABATHABA’I.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 14, no. 1 (14 September 2017): 56. https://doi.org/10.24014/af.v14i1.3902.

Irawan, Dedi Permana. “EKSISTENSI AHLUL BAIT DALAM KITAB TAFSIR JAMI’ AL-BAYAN FI TAFSIRAL-QUR.’AN I

———. “EKSISTENSI AHLUL BAIT DALAM KJTAB TAFSIR JAMI’ AL-BAYAN FI TAFSIRAL-QUR.’AN I

Kaelan. Filsafat Bahasa Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta: Paradigma, 2017.

———. Filsafat Bahasa Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta: Paradigma, 2017.

Katsir, Ibnu. Tafsir Al-Qur’an al-’Azhim. Jilid VI. Beirut: Dar al-Fikr, 1999.

———. Tafsir Al-Qur’an al-’Azhim. Jilid VI. Beirut: Dar al-Fikr, 1999.

Kholifah, Latif Nur. “Cerita Anak Di Dalam Al-Qur’an: (Kajian Intertekstualitas Julia Kristeva).” POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan 1, no. 2 (30 Desember 2020): 95–108. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.31.

Kholily, Aaviy Lailaa. “Analisa Unsur-unsur Tafsir Jalalain sebagai Teks Hipogram dalam Tafisr Al-Ibriz (Kajian Intertekstual Julia Kristeva QS. Maryam: 1-15)” 1, no. 1 (2021): 17.

———. “Analisa Unsur-unsur Tafsir Jalalain sebagai Teks Hipogram dalam Tafisr Al-Ibriz (Kajian Intertekstual Julia Kristeva QS. Maryam: 1-15)” 1, no. 1 (2021): 17.

Kristeva, Julia. Desire Language: A Semiotic To Literature and Art. Disunting oleh Leon S. Roudiez. Diterjemahkan oleh A. Jardine Gora. New York: Colombia University, 1980.

———. Desire Language: A Semiotic To Literature and Art. Disunting oleh Leon S. Roudiez. Diterjemahkan oleh A. Jardine Gora. New York: Colombia University, 1980.

———. Teori Sastra dan Julia Kristeva. Diterjemahkan oleh Sunaryono Basuki Ks. Bali: CV. Bali Media Adhikarsa, 2013.

———. Teori Sastra dan Julia Kristeva. Diterjemahkan oleh Sunaryono Basuki Ks. Bali: CV. Bali Media Adhikarsa, 2013.

Lutfiani, Naili Fauziah. “HAK-HAK PEREMPUAN DALAM SURAT AL-AHZAB AYAT 33: SEBUAH PENDEKATAN HERMENEUTIK,” 2017, 21.

Murdianto, dan Suparyani. “KARAKTERISTIK WANITA SHALIHAH DALAM TAFSIR ath-THABARI (Kajian tafsir surat an-Nisa ayat 34 dan al-Ahzab ayat 33).” AL KARIMA: Jurnal Ilmu Al-Quran danTafsir 5, no. 2 (2021).

Musolli. “AHLUL BAYT PERPEKTIF SYIAH DAN SUNNI: STUDI TAFSIR AL-MÎZAN DAN TAFSIR TAHRÎR WA AL-TANWÎR.” At-Turas Jurnal Studi Ilmu Keislaman IV, no. 1 (2017).

Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Sejahtera, 2015.

———. Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Sejahtera, 2015.

Nasri, Daratullaila. “OPOSISI TEKS ANAK DAN KEMENAKAN KARYA MARAH RUSLI: KAJIAN INTERTEKSTUAL JULIA KRISTEVA.” Kandai 13, no. 2 (7 Desember 2017): 205. https://doi.org/10.26499/jk.v13i2.92.

———. “OPOSISI TEKS ANAK DAN KEMENAKAN KARYA MARAH RUSLI: KAJIAN INTERTEKSTUAL JULIA KRISTEVA.” Kandai 13, no. 2 (7 Desember 2017): 205. https://doi.org/10.26499/jk.v13i2.92.

Nurmansyah, Ihsan. “KAJIAN INTERTEKSTUALITAS TAFSIR AYAT ASH-SHIYAM KARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN DAN TAFSIR AL-MANAR KARYA MUHAMMAD RASYID RIDHA.” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 4, no. 1 (28 Oktober 2019). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v4i1.4792.

Rusmana, Dadan. Filsafat Semiotika. Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2014.

———. Filsafat Semiotika. Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2014.

Said, Hasani Ahmad. Jaringan & Pembaharuan Ulama Tafsir Nusantara Abad XVI-XXI. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari (Anggota IKAPI), 2020.

———. Jaringan & Pembaharuan Ulama Tafsir Nusantara Abad XVI-XXI. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari (Anggota IKAPI), 2020.

Shihab, M. Quraish. Sunnah Syiah Bergandengan Tangan! Mungkinkah? Ciputat, Tangerang: Lentera Hati, 2014.

———. Sunnah Syiah Bergandengan Tangan! Mungkinkah? Ciputat, Tangerang: Lentera Hati, 2014.

———. Tafsir al-Mishbāh: pesan, kesan, dan keserasian al-Qur’an. Cetakan V. Tafsîr Al-Mishbâẖ : Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qurʾan / M. Quraish Shihab 1. Jakarta: Lentera Haiti, 2012.

———. Tafsir al-Mishbāh: pesan, kesan, dan keserasian al-Qur’an. Cetakan V. Tafsîr Al-Mishbâẖ : Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qurʾan / M. Quraish Shihab 1. Jakarta: Lentera Haiti, 2012.

Shihab, Moh Quraish. Tafsir al-Mishbāh: pesan, kesan, dan keserasian al-Qur’an. Cet. 6. Vol. 15. Ciputat, Jakarta: Lentera Hati, 2005.

———. Tafsir al-Mishbāh: pesan, kesan, dan keserasian al-Qur’an. Cet. 6. Vol. 15. Ciputat, Jakarta: Lentera Hati, 2005.

Syaukani, Muhammad Ibn Ali as-. Fath al-Qadir. Jilid IV. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

———. Fath al-Qadir. Jilid IV. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

Thabathaba’i, Muhammad Husein. Tafsir al-Mizan. Jilid 16. Beirut: Dar al-Fikr, 1973.

———. Tafsir al-Mizan. Jilid 16. Beirut: Dar al-Fikr, 1973.

Widia, Astika, Khairunnisa Syamsu, Muhammad Rezky, Danial, dan Hasan Basri. “Analisis Makna Tabarruj dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 33.” Gunung Djati Conference Series 8 (2022).

https://quran.kemenag.go.id/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.