Pengembangan Handout Pada Materi Listrik Dinamis Berbasis Science Environment Technology and Social
Abstract
The background of this research is student understanding about natural phenomena is quite low. Students curiousity about dinamic electricity and its relation with environment and technology, and its utilization in our daily life has not developed. One of the approximation to reach the purpose is Science Environment Technology And Social (SETS) approximation. This research purpose is to develop a valid, practice an effective high school physics learning equipments based on SETS especially on dynamic electricity. McKenny model is used as development model, consist of preliminary, prototyping stage, and assesment stage. The research showed that the handout for high school physics based on SETS can be categorized as valid, very practis, and very effective so it can be implemented on the learning process.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).
Jakarta: Bumi Aksara.
Akker, McKenny. 2006. Educational Design Research. New York: Routleddge
Fauzan, Ahmad. 2002. Laporan Penelitian
Hibah Bersaing XII/I Perguruan
Tinggi. Padang: UNP.
Juniati. 2009. Peningkatan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode SETS Di Kelas IXe Smp Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah Pada Konsep Energi Dan Daya Listrik. Jawa Tengah. Jurnal Berkala Fisika Indonesia Volume 2 Nomor 1 Juli 2009
Kaifa Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Cet. I.
Kemdiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Koes, H. 2003. Strategi Pembelajaran
Fisika. Bandung : JICA.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2006 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja rosdakarya.
Prayitno, dkk. 2011. Buku Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi. Padang: Program Pascasarjana UNP
Pusat Kurikulum Kemdiknas. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas.
Raja, Kenneth P. 2009. Examintion of the science-technology-society with CurriculumApproach.http://www.cedu.niu.edu/scied/courses/ciee344/coursefiles_king/sts_reading.htm. Diakses tanggal 6 Januari 2014.
Riduan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 54
Tahun 2013 tentang Standar Kelulusan. Jakarta: BSNP.
Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 65
Tahun 2013 tentang Standar
Penilaian. Jakarta: BSNP.
Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 66
Tahun 2013 tentang Kurikulum
SMA-MA. Jakarta: BSNP.
Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 69
Tahun 2013 tentang Kurikulum
SMA- MA. Jakarta: BSNP.
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineke Cipta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian
Kuantitatif dan R&D. Bandung :
Alfabet
Undang-undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003 tentang Sistem Pen-
didikan Nasional.
Yoruk, Nuray. Dkk. 2009. The Effects Of Science, Technology, Society And Environment (STSE) Education On Students’ Career Planning. US-China Education Review, ISSN 1548-6613, USA. Aug. 2009, Volume 6, No.8 (Serial No.57)
Wenda.K.bauchspiec,dkk. 2006. Science, Technology, and Social A Socia-logical Approach. UK : Blackwell Publishing Ltd
Widyatiningtyas, Reviandari. 2009. Pem-
bentukan Pengetahuan Sains,
Teknologi dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan IPA. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Budaya.http://educare.e-fkipunla.net Diakses 25 Januari 2014.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Jakarta: Kencana Prenada Media
Grup
DOI: 10.15548/nsc.v5i2.1088
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.