Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota

Prima Aswirna

Abstract


This study aims to determine whether the understanding of physics concepts of students taught by using cooperative learning model type of talking stick is better than the understanding of physics concepts taught conventionally in class VII MTsN Piladang District Lima Puluh Kota. The type of this research is quasy experimental research, with the research design of posstest only control group design. The population in this study is class VII MTsN Piladang Year Teaching 2017/2018 consisting of 5 classes. Sampling was done by cluster random sampling technique. Obtained class  as experiment class and class  as control class. The concept comprehension instrument used in this study is an essay test. Data analysis in this study used t test through SPSS program version 16, because the data is normally distributed and the data group has homogeneous variance. From the research, it is found that the average of experimental class is 80.67 and for the control class is 71.21. Based on data analysis obtained,  = 4.027 and  = 1.672 at the real level of 0.05. The calculation results show that > , so  rejected and  accepted. The conclusion obtained that the implementation of Cooperative Type Talking Stick learning model provides a better understanding of the concept of conventional  learning model in class VII MTsN Piladang District Lima Puluh Kota

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ayu Rahayu. 2014. Pengembangan SSP Berbasis Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal penelitian. Jurusan fisika. Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang. Volume 2 no 2 tahun 2014

Darmawati dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Berbantuan Metode Talking Stick Terhadap Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V. Jurnal penelitian. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1 no 2 tahun 2013

Ela Fenny Pasangkin, dkk. 2015. Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal penelitian. Jurusan Fisika. Semarang : Universitas Negeri Makassar. Volume 1 no 3 tahun 2015

Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia

Harso dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal penelitian. Program Studi Pendidikan IPA. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 tahun 2014

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Idris Manti Ahmad. 2014. Pengaruh Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Model Pembelajaran Student Teams Achieven Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Penelitian. Program Studi Pendidikan Fisika. Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. Volume 2 no 3 tahun 2014

Kadir, Abdul. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Karman. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Bunyi. Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Fisika. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo. Volume 3 no 3 tahun 2015

Karnia Yaberdak Gintoe dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Penelitian. Program Studi Pendidikan Fisika. Palu: Universitas Tadulako. Volume 3 no 4

Kasman. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Materi Koloid Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Gorontalo. Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Kimia. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo. Volume 2 no 2 tahun 2014

Priyatno, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Puspandari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking

Stick Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTsN Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Pasundan

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tukiran Taniredja dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v4i1.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Natural Science Journal