Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum pada Pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah
Abstract
This study aims to: (1) produce practicum worksheets (LKPD) development products on science learning in Madrasah Tsanawiyah (2) produce practicum based LKPD on science learning with valid, practical and effective product quality. This research is a research and development (R & D) research with 4-D models by Thiagarajan and Sammel. The results of this study are: (1) produced practicum-based LKPD in second semester science VIII science learning. (2) the average value of product validity from all aspects 91% with a very valid category. The product practical value is 88% with a very practical category. And the average value of product effectiveness is 86% with a very effective category to increase students' interest in learning science.
Full Text:
PDFReferences
Hidayatutsani, Fathma. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Muchlisoh, Siti Lulu’atul. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA dengan Energi dalam Sistem Kehidupan untuk SMP Kelas VII. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Remaja Rosda Karya
Nieveen, Nienke. 2013. Educational Design Research. SLO, Enschede: Netherlands.
Permendikbud No 103 Tahun 2014. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Prastowo,Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik (Tinjauan Teoritis dan Praktik), Jakarta: Kecana
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali
Slameto.2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana
_____. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.
Vesa, Fragraria, dkk.2014. Penerapan LKS dengan Format Slim-n-Blim pada Materi Pesawat Sederhana untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Babat. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 3 (1): 25-29
Yenti, Welna Risna, dkk. 2014. Pengembangan LKS Pratikum Berbasis KIT Fisika untuk Kelas X SMA/MA Batusangkar. Jurnal Pendidikan MIPA. 1 (1): 37-39
DOI: https://doi.org/10.15548/nsc.v4i2.459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Natural Science Journal
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional