Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa
Abstract
Kurikulum merdeka kampus merdeka yang mendukung high order thinking skill, mengimplementasikan model problem based learning dalam pelaksanaan perkuliahaan. Penelitian memiliki tujuan untuk menganalisis peningkatan problem based learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa. 5 fase yang diimplementasikan pada penelitian ini, yaitu orientasi masalah, pengorganisasian mahasiswa, pembimbingan penyelidikan, mengembangkan, dan evaluasi. Pengambilan sampel melalui total sampling pada mahasiswa FKIP UDA yang mengambil mata kuliah statistika dasar pada tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian two group pretest-postest, dengan instrumen test uraian penguasaan konsep dan pemecahan masalah, yang terlebih dahulu divalidasikan kepada tim ahli. Kesimpulan penelitian ini menyatakan model pembelajaran Problem Based Learning mampu menaikkan level penguasaan konsep serta kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa FKIP UDA.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Mahasiswa; Penguasaan Konsep; PBL
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Mahasiswa; Penguasaan Konsep; PBL
Keywords
Pemecahan Masalah Mahasiswa; Penguasaan Konsep; PBL
DOI: 10.15548/nsc.v9i2.5805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.