SOSIALISASI LITERASI SAINS BERDASARKAN KERANGKA PISA UNTUK PARA PENDIDIK IPA DI INDONESIA

Agung Mulyo Setiawan, Indra Fardhani, Yayuk Mulyati, Syahrul Chandra, Tri Wulandari, Safwatun Nida

Abstract


Rendahnya hasil literasi sains siswa Indonesia menjadi sebuah masalah serius. Sebab bangsa Indonesia menempati urutan 70 dari 78 negara di dunia. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini yaitu memberikan sosialisasi literasi sains berdasarkan kerangka PISA untuk para pendidik IPA di Indonesia. Metode yang kami gunakan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap pelaporan dan publikasi. Hasil tahap persiapan yaitu jadwal, penanggung jawab kegiatan, materi yang disampaikan, dll. Kemudian hasil tahap pelaksanaan yaitu 72,5% peserta yang hadir adalah guru IPA SMP/MTs, 48,8% peserta merasa sangat puas dalam pelaksanaan sosialisasi, akan tetapi 49,8% peserta merasa cukup puas karena menginginkan durasi yang lebih lama. Selanjutnya hasil tahap pelaporan dan publikasi yaitu laporan sudah disusun dalam bentuk hardfile dan softfile, dan salah satu luaran publikasi media massa di laman ‘Tugu Malang’ berhasil dipenuhi dengan baik. 

Kata Kunci: Literasi sains, PISA, Pendidik IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jso.v1i2.4371
Abstract views : 218 times
PDF : 270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics
View My Stats