Sejarah dan Nilai-Nilai yang Terdapat dalam Tradisi Bakatik Adat di Nagari Barung-Barung Balantai Kabupaten Pesisir Selatan
Abstract
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i1.2945
Abstract views : 273 times
PDF : 428 times
References
Adisusilo, S.JR. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Amin, D. (2000). Islam dan Kebudayaan Jawa. Yogyakarta: Gama Media.
Annisa, A. (2010). Pelestarian Upacara Bakatik adat di Nagari Barung-Barung Balantai kabupaten Pesisir selatan. Skripsi.
Arifin, M. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyono, A.S. (1985). Kamus Antropologi. Jakarta: Akademika.
Asmaran. (1992). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Rajawali Press.
Baduri, M.K. (1989). Kamus Aliran dan Faham. Surabaya: Indah.
Daliman, A. (2015). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Diradjo, I.D.S. (2019). Tambo Alam Minangkabau, Tatanan Adat Warisan Nenek Moyang Orang Minang. Bukittinggi: Kristal Multimedia.
Erawati. (1992). Pasambahan Batagak Penghulu. Fakultas Sastra. Padang: Universitas Andalas.
Geertz, Clifford. Tt. Abangan Santri Priyayi dan Masyarakat Jawa, terj. Aswad Makasin.
Isna, M. (2001). Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.
Kartasapura, G.K. (1992). Kamus Sosiologi dan Kependudukan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kartawisastra, H.U. (1980). Strategi Klarifikasi Nilai. Jakarta: P3G Depdikbud.
Kartodirdjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.
Kaswardi, EM. (1993). Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta: PT Gramedia.
Koenejaraningrat. (1985). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Maarif, S. (2007). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munti’ah, A.dkk. (2009). Harmonisasi Agama dan Budaya di Indonesia I. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama.
Peursen, C.A.V. (1988). Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisisus.
Purwadaminta, W.J.S. (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Renier. (1997). Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Offset.
Robertson, R. (1988). Agama dalam Analisis dan Interprestasi Sosiologi. Jakarta: Rajawali.
Salim, P. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modem English Press.
Santoso, S.B. (1989). Tradisi Lisan sebagai Sumber Informasi Kebudayaan dalam Analisa Kebudayaan. Jakarta: Depdikbud.
Sastrapratedja, M. (1993). Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta: PT. Grasindo.
Shamad, I.A. (2003). Ilmu Sejarah Perspektif Metodologi dan Acuan Penelitian. Jakarta: Hayfa Press.
Soekanto, P. (1993). Kamus Sosiologi. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Suryana, T.dkk. (1996). Pendidikan Agama Islam : untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Tiga Mutiara.
Syaltut, S.M. (2006). Fatwa-Fatwa Penting Syaikh Shaltut (Dalam hal Aqidah perkara Ghaib dan Bid’ah). Jakarta: Darpresus Sunnah Press.
Syam, M. N. (1986). Pendidikan Filasafat dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
Sztompka, P. (2007). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup.
Thoha, M.C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zed, M. (1999). Metodologi Sejarah. Padang: UNP.
_________. (1999). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Mestika Dharma.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Safri Mardison, Wahyuni Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.