Failed to fetch OJS Article Content. Sejarah Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Minangkabau pada Awal Abad XX | Rusli | Tarikhuna: Journal of History and History Education

Sejarah Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Minangkabau pada Awal Abad XX

Rusli Rusli, Fachri Muhtadi

Abstract


Permasalahan pokok dalam skripsi ini adalah bagaimana sejarah berdirinya organisasi ini serta perkembangannya dalam mengembangkan pendidikan Islam di Minangkabau. Adapun batasan masalah penelitian yang akan menjadi focus kajian adalah bagaimana latar belakang berdirinya organisasi Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) dan peranannya dalam mengembamgkan pendidikan Islam di Minangkabau. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan penelitian kepustakaan (Library Reseach). Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskripsif mengenai kata-kata lisan maupun tertulis, dan tingkah laku yang dapat diamati dari yang diteliti. Penelitian kepustakaan (Library Reseach) yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian atau mengumpulkan data yang bersifat kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) adalah organisasi kelompok kaum tua Minangkabau yang dalam bidang akidah mengikatkan diri pada paham Ahlulssunnah Wal Jama’ah Ajaran Abdul Hasan al-Asy’ari dan Abu Muslim al-Maturidi, sementara dalam bidang ibadah mengikatkan diri kepada mazhab Syafi’. Persatuan Tarbiyah Islamiyah PERTI lahir pada tanggal 20 Mei 1930, pada saat itu di tetapkan lah nama PTI dan juga menetapkan pusat organisasi berkedudukan di Canduang, Bukittinggi serta cabang-cabangnya di tetapkan di tempat-tempat dimana madrasah-madrasah Tarbiyah berada.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i1.2946
Abstract views : 1359 times
PDF : 3167 times

References


Abdul, F. (2007). Transformasi Pendidikan Islam di Minangkabau. Jurnal Sejarah Lontar. 4 (2). 2

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daliman. (2015). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Koto, A. (2012). Persatuan Tarbiyah islamiyah. Jakarta: Rajawali pers.

Hasan, Z.M.K. dan Aldomi, P. (2015). Prinsip dan Jati Diri Persatuan Tarbiyah Islamiyah; Beri’tiqad Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Mazhab Syafi’I. Padang: Jasa Surya Padang.

Nelmawarni dan Djoko, S. dan Ahmad, A.D. (2003). Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) (Dari Organisasi Sosial Keagamaan ke Partai Politik 1928-1971). Sosiohumanika. 16 (1).

Nelmawarni. (2013). Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) Dari Organisasi Sosial Ke Partai Politik. Padang:Imam Bonjol Press.

Rini, R. (2015). Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad 20. Humanus. 16 (2) :174-175.

Zed, M. (1999). Metodologi Sejarah. Padang: Universitas Negeri Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rusli Rusli, Fachri Muhtadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.