Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS

Ahmad Nurhuda, Safri Mardison, Suryadi Fajri, Nisa Ulaini, Tegar Muhammad Iqbal

Abstract


Berdasarkan analisis kebutuhan guru dalam penerapan kurikulum Merdeka memerlukan pendampingan dalam penyusunan modul pengajaran mata pelajaran IPS. Kegiatan pendampingan dan pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 Agustus 2023 bertempat di MTs N 7 Pasaman Barat. Peserta kegiatan adalah guru MGMP mata pelajaran IPS se kabupaten Pasaman Barat. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru MGMP IPS MTs Pasaman Barat telah mampu menyusun modul ajar mata pelajaran IPS Kelas VII sesuai dengan pedoman kurikulum Merdeka. Dan seluruh peserta juga menyatakan bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan bermanfaat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v6i1.9188
Abstract views : 3 times
PDF : 4 times

References


Arjihan, C. Dkk, (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajran pad kurikulum merdeka. Jurnal Tindakan Kelas

Ari, Eka Nofri dkk. 2022. Pendidikan IPS. Magetan: Media Grafika.

Hasanudian, dkk. (2022). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar).

Sada Kurnia Pustaka.

Kemendikbudristek Ri (2022). Keputusan Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No: 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Mubarak, D. H. 2022. Desain Kurikulum Merdeka Untuk Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. zakimu.com.

Purba, P. B., dkk. 2021. Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis: Deli Serdang.

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19 In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).

Sherly, dkk (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Nurhuda, Safri Mardison, Suryadi Fajri, Nisa Ulaini, Tegar Muhammad Iqbal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.