PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS (PC) DAN METODE IMLA’ PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTSS THAWALIB GUNUNG PADANG PANJANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII di MTsS Thawalib Gunung Padang Panjang. Hal ini diduga salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran yang terjadi di kelas terpusat pada guru, guru kurang memvariasikan strategi, metode pembelajaran sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif dan afektif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks (PC) dan metode imla’ lebih baik dari pada hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII di MTsS Thawalib Gunung Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A-VII.B di MTsS Thawalib Gunung Padang Panjang tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan Simple random sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 44 orang.
Hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen adalah 73,870 dengan persentase ketuntasan 69,57% sedangkan, rata-rata pada kelas kontrol adalah 60,190 dengan persentase ketuntasan 42,86%. Dengan menggunakan diperoleh thitung (2,5184) > ttabel(1,645), sehingga H0 ditolak. Di samping itu, untuk hasil belajar afektif diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen adalah 77,174 sedangkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 68,164. Dengan menggunakan diperoleh thitung (2,05564587) > ttabel(1,645), sehingga H0 ditolak. Hal ini dapat dikemukakan bahwa hasil belajar kognitif dan afektif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks (PC) dan metode imla’ lebih baik dari pada hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII di MTsS Thawalib Gunung Padang Panjang
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Pair Checks (PC) dan Metode Imla’, Hasil Belajar
Keywords
References
Anwar, Saiful. 2002. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Rajawali: Jakarta.
Dwiyogo, W. D. (2015). Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Malang: Wineka Media
Fandi Ahmad. 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif pair check dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa. Jurnal Pendidikan Vol.V, No.2
Hanna, sundari. 2015. Model-model pembelajaran dan pemefolehan bahasa kedua/asing. Jurnal Pendidikan Vol 1 nomor 2
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Utomo, Edy Setiyo. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa. ISBN. 978-602-73403-1-2.45-54
DOI: 10.15548/mrb.v3i1.1132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.