IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR JEAN PIAGET PADA MATAPELAJARAN PAI DI MA UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL

Nur Ahmad Fauzi, S Suyadi

Abstract


In teaching and learning activities, the teacher in giving understanding to students cannot be limited to being told, it needs development for each student subject. to see how the implementation of constructivism learning theory in madrasas. Then the research used by the writer is field research that uses qualitative data selected as a location to investigate objective symptoms that occur at that location. The location is in MA Featured Al-Imdad. PAI Madrasah Aliyah Featured Al-Imdad's teacher strategy in implementing the theory of constructivism that is the principle teacher teaches children to solve a problem, students present a problem and encourage students to be creative in solving problems faced with thoughts and ideas so that agreement will emerge from the results of what has been achieved captured from student perception


References


Abdurrahman Fathoni (2006). Metodolgi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmad Salim, Integrasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi di Madrasah Tswanawiyah (MTs),Swasta Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta,Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.VI No. 2 Desember 2015

A.M. Slamet Soewandi dkk (2005). Perspektif Pembelajaran Berbagai Bidang Studi, (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Ahmad Nizar Rankuti, Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika, Jurnal Darul Ilmi, Vol. 2, No. 2, Juli 2014.

Dadang Supardan, Teori dan praktik pendekatan Konstruktivisme dalam pembelajaran, Jural Edunomic, Vol. 4 No. 1 tahun 2016

Euis Nurhidayati, Pedagogi konstruktivisme dalam praksis pedidika Indonesia, Jurnal Indonesia jurnal of Education Counseling, Vol. 1. No. 1 , Januari 2017

Haris Mudjiman (2009). belajar mandiri, Surakarta: UNS Press.

Hendri Purbo Waseso, Kurikulum 2013 dalam Perspektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme, Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 1.No. 1 Januari 2018.

Indah Sih Prihatini, Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivistik pada mata pelajaran Pendiidkan Agama Islam di SD N Babat Agung Deket Lamongan, Jurnal Akademika, Vol. 10, No. 2, Desember 2016.

Paul Suparno (2001). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan, Yogyakarta : Kamisius.

Wangid, Kesiapan guru sd dalam pelaksaaa pembelajaran tematik-integratif pada kurikulum 2013 di DIY, Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2, No. 2, juli 2014.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempegaruhinya(Jakarta: PT. Rieka Cipta.

Sri Wulandari Daoebroto, Teori belajar Konstruktivis Piaget dan Vygotsky, Jurnal Indonesian Digital Journal of Mathematics and education Vol, 2 No. 3 Tahun 2015

Sumarah, Implementasi teori pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran mata kuliah dasar-dasar bisnis,Jural pendidikan akutansi Indonesia, Vol VIII. No 1- Tahun 2009, hlm. 54-62

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D, (Bandung: CV. Alfabeta.

Suyono dan Haryanto (2013). Belajar dan pembelajaran : Teori da konsep dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Ummu Kulsum, Pembeljaran Kontruktivistik berbasis literasi baru dalam pendidikan agama islam,Jurnal Pendidikan, Vol. X, No. 2: 4 april 2019

Wina Sanjaya (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta : Prenada Media Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v3i1.1133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.