METODE PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN

H Harmonedi

Abstract


Learning Achievement is closely related with the teachers' ability and skill in choose most appropriate method. The qualified teachers present an interesting teaching and learning process,  maximazing the process became more possible.  The consideration in choosing a method in teaching process was underpine by the aspect of religional, biological, psychological and social. Concerning the religious aspect, teacher need to use al- Qur an as the references of the intended method.  The holy book is not only intersting to read, in the context of doing the deeds, but it is scientifically compeling to study because it is regarded as the sources and inpiration of sciences for human. al- Qur an peovides many idea on teaching methods, which are interesting and relevant to current condition, That is why   al-Qur an is everlatingly relevant.


Keberhasilan proses pendidikan sangat erat kaitannya dengan kemampuan dan kecakapan pendidik dalam memilih metode. Pendidik yang mampu dan cakap dalam memilih metode akan dapat menghadirkan proses pendidikan yang menyenangkan dan menarik bagi anak didiknya, sehingga keberhasilan proses itu lebih memungkinkan untuk diraih secara maksimal. Pemilihan metode pendidikan didasari pada aspek agamis, biologis, psikologis, dan sosiologis. Dalam kaitannya dengan aspek agamis, pendidik perlu menjadikan al-Qur’an sebagai sumber metode pendidikan. al-Qur’an tidak hanya menarik dibaca dalam konteks ibadah, tetapi juga menarik untuk dikaji dalam konteks ilmiah karena ia merupakan sumber ilmu pengetahuan dan sumber inspirasi bagi manusia. Dalam al-Qur’an begitu banyak tersaji metode-metode pendidikan, yang semuanya menarik dan relevan untuk diterapkan dalam konteks kekinian, karena memang al-Qur’an relevan untuk sepanjang masa.



Keywords


Pendidikan, Pendidik, Kecakapan, Metode, al-Qur’an

References


Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah, al-Tarbiyyah al-Islaamiyyah Wa Falaasifatuha, ( Beirut : Daar al-Fikri, 1969)

Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Logos, 1999)

Arifin, H.M. Ilmu Pendidikan Islam, ( Jakarta : Bumi Aksara, 1991)

Arifin, H.M. Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta : Bumi Aksara, 2000)

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta : Bulan Bintang, 1970)

Hamka, Tafsir Al-Azhar, (Jakarta : Gema Insani, 2015)

Hatta, Ahmad, Tafsir Qur’an Per Kata, (Jakarta : Maghfirah Pustaka, 2017)

Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, al-Qur’an dan Terjemah, (Jakarta : Darma Karsa Utama, 2015)

al-Maraghi, Ahmad Musthafa, Tafsir Al-Maraghi, (Semarang : CV. Toha Putra, 1988)

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, Cet-Ketujuh, 2008)

al-Mahally, Jalal al-Din dan Jalal al-Din al-Syuyuthi, Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim li al-Imamaini al-Jalalaini, (Indonesia : Dar al-Ihya’ al-Kutub al-‘Arabi, tt)

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Logos, 1997)

al-Nahlawy, Abdu al-Rahman, Ushul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Asaalibiha Fi al-Bait Wa al-Madrasah Wa al-Mujtama’ (Beirut : Daar al-Fkri al-Ma’ashir, 1983)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 2013)

al-Syaibani, Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Terjemahan Hasan Langgulung, (Jakarta : Bulan Bintang, 1979)

Yunus, Mahmud, Kamus Arab Indonesia, (Jakarta : Yayasan Penyelenggara Penterjemah, 1973)


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v3i1.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.