KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Y Yulita, Abdal Pajri

Abstract


Hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik dapat mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kebiasaan belajar dan motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Kebiasaan belajar dan motivasi belajar merupakan bagian yang penting dalam menentukan keberhasilan yang diperoleh dalam belajar. Kontribusi kebiasaan belajar dan motivasi belajar baik secara bersama-sama maupun sendiri berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut sehingga disarankan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, para guru dan lain sebagainya untuk dapat meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dan motivasi belajar pada diri siswa, sehingga siswa mampu meningkatkan kebiasaan belajar dan motivasi belajar untuk mencapai keberhasilan atau hasil belajar baik secara teori maupun praktik.

 


Keywords


Kebiasaan belajar, motivasi belajar, hasil belajar

References


DAFTAR RUJUKAN

Departemen Agama RI, Al Qur an dan Terjemahan, Bandung: Syaamil Cipta Media, 2005

A. M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005

_________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009

Bungin, Burhan,Metodologi Penelitian Kuantitatif, Surakarta: Univ Muhammadiyah Press, 2004

Djaafar, Tengku Zahara, Kontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar, Jakarta: Universitas Negeri Padang, 2001

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara, Cet Ke-V, 2011

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, Cet Ke-III, 2006

Ghony, Djunaidi dan Almanshur, Fauzan, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualntitatif, Malang: UIN Malang Press, 2009

Gie, Liang The, Cara Belajar Yang Efektif Jilid II, Yogyakarta: Liberty, 1995

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004

________, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Hidayat, Rahmad, Kontribusi Kecerdasan Emosional Dan Kebiasaan Belajar Siswa MAN Beringin Kota Sawahlunto, Padang: IAIN IB Padang, 2003, Tesis

Lestlie, Briggs dan Robert M. Gagne, Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajaran (Terjemahan), Surabaya: Usaha Offset Printing, 1988

Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Startegi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009

Mardiani, Sri dan Samidjo, Bimbingan Belajar dalam Rangka Penerapan Sistem S.K.S dan Pola Belajar yang Episien, Bandung: Armico, 1985

Mulyasa, E, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, Cet Ke-IV, 2010

________, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persolan Penting dan Genting, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Belajar, 2008

Nasution,S, Metode Research, Bandung: Jemmars, 1982

________, Didaktik Asas-Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 1995

Norman, E, Wallen and Jack Frankel, How to Design and Evaluate Research In Education,Singapore: Mc Graw-Hill Inc, 1993

Nurdin, Syafruddin, Model Aptitute Treatment Interaction (Ati) Approach “Sebuah Model Pembelajaran Alternatif yang Melayani Perbedaan Individual (siswa)”, Padang: Baitul Hikmah Press, 2002

Poerwadarminta, W. J. S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2012

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2008

________, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta, 2010

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995

Sudjana, Nana, Dasar- Dasar Proses Pembelajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan dan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009

_______, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

________, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos, 1999

Thabrany, Hasbullah, Rahasia Sukses Belajar Bagaimana Memilih Belajar Di Perguruan Tinggi Amerika, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Jakarta: Sinar Grafika, 2003

Uno, Hamzah, B, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Winkel, W. S, Psikologi Pengajaran Edisi Yang Disempurnakan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996

Yamin, Martinis, Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v3i1.1725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.