KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik dapat mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kebiasaan belajar dan motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Kebiasaan belajar dan motivasi belajar merupakan bagian yang penting dalam menentukan keberhasilan yang diperoleh dalam belajar. Kontribusi kebiasaan belajar dan motivasi belajar baik secara bersama-sama maupun sendiri berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut sehingga disarankan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, para guru dan lain sebagainya untuk dapat meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dan motivasi belajar pada diri siswa, sehingga siswa mampu meningkatkan kebiasaan belajar dan motivasi belajar untuk mencapai keberhasilan atau hasil belajar baik secara teori maupun praktik.
Keywords
References
DAFTAR RUJUKAN
Departemen Agama RI, Al Qur an dan Terjemahan, Bandung: Syaamil Cipta Media, 2005
A. M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
_________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1999
Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009
Bungin, Burhan,Metodologi Penelitian Kuantitatif, Surakarta: Univ Muhammadiyah Press, 2004
Djaafar, Tengku Zahara, Kontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar, Jakarta: Universitas Negeri Padang, 2001
Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara, Cet Ke-V, 2011
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, Cet Ke-III, 2006
Ghony, Djunaidi dan Almanshur, Fauzan, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualntitatif, Malang: UIN Malang Press, 2009
Gie, Liang The, Cara Belajar Yang Efektif Jilid II, Yogyakarta: Liberty, 1995
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004
________, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Hidayat, Rahmad, Kontribusi Kecerdasan Emosional Dan Kebiasaan Belajar Siswa MAN Beringin Kota Sawahlunto, Padang: IAIN IB Padang, 2003, Tesis
Lestlie, Briggs dan Robert M. Gagne, Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajaran (Terjemahan), Surabaya: Usaha Offset Printing, 1988
Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Startegi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009
Mardiani, Sri dan Samidjo, Bimbingan Belajar dalam Rangka Penerapan Sistem S.K.S dan Pola Belajar yang Episien, Bandung: Armico, 1985
Mulyasa, E, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, Cet Ke-IV, 2010
________, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persolan Penting dan Genting, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Belajar, 2008
Nasution,S, Metode Research, Bandung: Jemmars, 1982
________, Didaktik Asas-Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 1995
Norman, E, Wallen and Jack Frankel, How to Design and Evaluate Research In Education,Singapore: Mc Graw-Hill Inc, 1993
Nurdin, Syafruddin, Model Aptitute Treatment Interaction (Ati) Approach “Sebuah Model Pembelajaran Alternatif yang Melayani Perbedaan Individual (siswa)”, Padang: Baitul Hikmah Press, 2002
Poerwadarminta, W. J. S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2012
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2008
________, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta, 2010
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995
Sudjana, Nana, Dasar- Dasar Proses Pembelajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan dan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009
_______, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008
________, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos, 1999
Thabrany, Hasbullah, Rahasia Sukses Belajar Bagaimana Memilih Belajar Di Perguruan Tinggi Amerika, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Jakarta: Sinar Grafika, 2003
Uno, Hamzah, B, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Winkel, W. S, Psikologi Pengajaran Edisi Yang Disempurnakan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996
Yamin, Martinis, Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007
DOI: 10.15548/mrb.v3i1.1725
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.