HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK DI MTsN

Zulvia Trinova, Wahyuli Lius Zen, M Musalwa, Tiara Sukma

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik dalam mengikuti  proses pembelajaran aqidah akhlak di MTsN 5 Pasaman Barat yang diperkirakan hanya sebagian peserta didik yang memperhatikan pendidik menerangkan pelajaran dengan baik begitu juga dalam hal mencatat materi pelajaran. Peserta didik yang aktif dalam berdiskusi hanyalah peserta didik yang menonjol saja dan masih banyak yang tidak berani bertanya maupun menjawab pertanyaan. Selain itu nilai ujian akhir semester aqidah akhlak peserta didik rata-rata berada dibawah KKM.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran akidah akhlak, gambaran hasil belajar akidah akhlak dan untuk mengetahui bagaimana hubungan aktivitas belajar peserta didik dengan hasil belajar akidah akhlak di  MTsN 5 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis statitik korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran aktivitas belajar peserta didik MTsN 5 Pasaman Barat tergolong cukup hal ini terlihat dari nilai rata-rata 7,95 terletak pada interval 7 – 8 jika dipersentasekan adalah 50%. Hasil belajar peserta didik MTsN 5 Pasaman Barat tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rata-rata 66,86 terletak pada interval 56 – 68 jika dipersentasekan adalah 32,35%.Dari hasil uji hipotesis dengan Product Moment diperoleh rhitung 0,840 > rtabel 0,256 untuk signifikan 1% dan 0,195 untuk signifikan 5%. Artinya hipotesis yang diajukan Hoditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar peserta didik dengan hasil belajar aqidah akhlak di MTsN 5 Pasaman Barat.


Keywords


Aktivitas belajar, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Hasil Belajar

References


Ahmad, R., & Ahmadi, A. (2010). Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1-4.

Chi, M. T. (2009). Active ‐ constructive ‐ interactive: A conceptual framework for differentiating learning activities. Topics in cognitive science, 1(1), 73-105.

Darso, D. (2011). Kesiapan Belajar Siswa Dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. Innovation of Vocational Technology Education, 7(2).

Devita, G. (2000). Inclusive approaches to effective communication and active participation in the multicultural classroom: An international business management context. Active learning in higher education, 1(2), 168-180.

Edwards, B., & McCarthy, J. D. (2004). Resources and social movement mobilization. The Blackwell companion to social movements, 116-152.

Effendi, R. (2017). Konsep revisi taksonomi Bloom dan implementasinya pada pelajaran matematika SMP. JIPMat, 2(1).

Fauzi, I. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar TIK sub jaringan komputer siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pegajahan Kab. Deli Serdang tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral Dissertation, UNIMED).

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-Ta'dib, 8(2), 150-167.

Kolamiah, S. (2011). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Guru Bahasa Indonesia dalam Interaksi Belajar Mengajar Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kwakman, K. (2003). Factors affecting teachers’ participation in professional learning activities. Teaching and teacher education, 19(2), 149-170.

Livingstone, S., Bober, M., & Helsper, E. J. (2005). Active participation or just more information? Young people's take-up of opportunities to act and interact on the Internet. Information, Community & Society, 8(3), 287-314.

Megawati, W., Ike, H., & Maunaturrohmah, A. (2017). Pengaruh senam otak (brain gym) terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa kelas iv sdn wonoayu kecamatn pilangkenceng kabupaten madiun jawa timur. Jurnal Keperawatan, 13(1).

Nurhayati, N. (2018). Tantangan dan Peluang Guru Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Iqra', 7(1).

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352-364.

Qadar, R. (2015). Mengakses Aspek Afektif dan Kognitif pada Pembelajaran Optika dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 1-11.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal Region, 1(3), 1-19.

Trisoni, R. (2016). Strategi Pencapaian Tujuan-Tujuan Afektif Dalam Pendidikan Agama Islam. Ta'dib, 12(2).

Utami, R. D. (2016). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32-40.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v3i1.1726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.