Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan e-learning berbasis sistem Moodle dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana e-learning berbasis Moodle dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Strategi deskriptif analitis berdasarkan tinjauan pustaka digunakan sebagai metode pencarian. Menurut hasil penelitian, banyak siswa yang merasa bosan selama proses pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan media yang menyenangkan dan interaktif. Salah satu pemanfaatan media pendidikan yang menarik dalam menunjang pendidikan saat ini adalah e-learning berbasis Moodle karena memiliki sejumlah fitur yang unik dan menarik dalam mendukung proses pembelajaran. Penggunaan e-learning berbasis Moodle sangat cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, mengingat dunia pendidikan saat ini tidak terlepas dari teknologi dan jaringan internet. selain itu dengan banyak lembaga pendidikan yang difasilitasi oleh infrastruktur dalam menggunakan teknologi yang ada, maka proses pembelajaran berlansung dengan lebih efektif. E-learning sendiri merupakan kepanjangan dari electronic learning, yaitu yaitu suatu metode belajar mengajar yang menggunakan media elektronik dan jaringan internet sebagai sistem pembelajarannya. Model pembelajaran dengan sistem e-learning memang sangat beragam, salah satunya yang populer dikalangan dunia pendidikan yaitu e-learning berbasis moodle. Moodle dalam bidang pendidikan merupakan sebuah platform untuk belajar yang didesain khusus bagi pendidik dan peserta didik. Yang menjadi alasan dasar maraknya para lembaga menggunakan e-learning berbasis moodle adalah karena kemudahan dalam mengaksesnya serta dilengkapi oleh beberapa menu atau fitur yang lengkap dan menarik, seperti dapat mengunggah bahan ajar dengan berbagai bentuk file, penugasan dalam bentuk gambar, evaluasi pembelajaran, dan banyak hal lainnya, sehingga kebermanfaatan moodle tersebut akan meningkatkan hasil belajar, motivasi belajar, dan minat belajar peserta didik, salah satunya dalam pembelajaran bahasa Arab tanpa mengesampingkan 4 keterampilan yang sudah menjadi poin utama dalam pembelajaran kebahasaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abusiri, Ekawati, & Khotimah, S. H. (2019). Implementasi E-learning Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Dosen Dan Mahasiswa Di STAI Al-Hikmah Jakarta. HIKMAH, Vol. XV(1).
Allen, & Michael. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. John Wiley & Sons.
Astuti, W. (2018). Pemanfaatan Media Berbasis E-learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. IHTIMAM: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 1(2).
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, Vol.7(1).
Daryanto, (2010). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Hasyim Asy’ari, & Sari, N. I. (2020). Aplikasi Pembelajaran Pusat Program Mingguan (PPM) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Maharah Al-Kalam) Siswa Di MTS Al-Qodiri 1 Jember (Prodi Kelas Unggulan). Lisan An Nathiq: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 1(2).
Hidayah, I., & Kusumaningrum, N. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet. El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, Vol.II(1).
Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle Dalam Peningkatkan Pemahaman Lagu Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol.5(1).
Khomsah, A. F., & Muassomah, M. (2021). Penerapan E-learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Masa Pandemi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1),
Kurniawan, R. (2015). Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (E-learning) Pada SMA Negeri Karang Dapo. JTI, Vol.7(1).
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Alfabeta.
Ninoersy, T., & Akmal, S. (2020). Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah Melalui Metode Debat Aktif Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(2).
Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab 1. Diva Press.
Nursalam, & Efendi, F. (2008). Pendidikan Dalam Keperawatan. Salemba Medika.
Prakoso, K. S. (2005). Membangun E-learning dengan Moodle. Andi Offset.
Rani, S. A. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. At-Ta’dib, Vol. XI(2).
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Ruwaida. (2018). Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Moodle Untuk Siswa Kelas X MA Mu’allimat Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur NTB. Tarbawi, Vol.7(7).
Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektronik (E-learning) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Edunomic, Jurnal Ilmiah Pend. Ekonomi, Vol. 1(2).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.15548/bk.v1i2.26
Refbacks
- There are currently no refbacks.