POTENSI EKONOMI KREATIF KERAJINAN DAN KULINER DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI SYARIAH DI KOTA PADANG

Dafiar Syarif, Martina Nofra Tilopa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi potensi ekonomi kreatif dalam pengembangan Ekonomi Syariah di Kota Padang.Penelitian ini bercorak fieldresearch dengan menggunakan data primer dan data sekunder.Data primer diperoleh dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang diberikan kepada pelaku ekonomi kreatif. Data sekunder diperoleh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang serta Badan Pusat Statistik Kota Padang. Data serta informasi yang diperoleh melalui penelitian lapangan kemudian dianalisis. Dalam menganalisis data digunakan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan analisa terhadap lingkungan internal dan eksternal.Hasil penelitian menunjukkan, dilihat dari matrix SPACE, pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang menempati kuadran I yang tergolong agressive dimana posisi potensi ekonomi kreatif terhadap perkembangan Ekonomi Syariah memiliki perkembangan yang kuat dan sedang berkembang dengan stabil. Dari segi pengembangan ekonomi syariah pelaku usaha ekonomi kreatif menerapkan prinsip produksi Islam yaitu memproduksi produk yang halal dan baik, menerapkan nilai-nilai sosial, membuka peluang kesempatan kerja dan usaha bergerak di sektor riil.

Keywords


Ekonomi Kreatif, Ekonomi Syariah, Analisis SWOT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alahkam.v12i1.2913
Abstract views : 604 times
PDF : 512 times

References


Al Arif, M. Nur Rianto. (2015)Pengantar Ekonomi Syariiah Teori dan Praktik, Bandung: Pustaka Setia.

Antariksa, Basuki, Konsep Ekonomi Kreatif: Peluang dan Tantangan dalam Pembangunan Indonesia, tt

Arikunto, Suharsimi. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Artanaya, I Gusti Lanang Suta, dkk, Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Denpasar Prospektif Pemasaran dan Produksi, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.9, No.1 Maret 2013.

Badan Ekonomi Kreatif, Ekonomi Kreatif Outlook 2017

Dewan Pengurus Nasional FORDEBI dan ADESY. (2016)Ekonomi dan Bisnis Islam Seri Konsep dan Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

M Nur Rianto & Euis Amalia. (2010) Teori Mikro Ekonomi, Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional, Jakarta: Prenada Media.

Moelyono, Mauled. (2010)Menggerakkan Ekonomi Kreatif Antara Tuntutan dan Kebutuhan, Jakarta : Rajawali Pers.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas Kerja Sama dengan Bank Indonesia. (2009)Ekonomi Islam, Jakarta : Rajawali Pers.

Rangkuti, Freddy.(2014).Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Sjafrizal. (2009) Teknik Praktis Penyususnan Rencana Pembangunan Daerah, Jakarta: Baduose Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal AL-AHKAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office: Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153