PRAKTIK PEMBAGIAN KEWARISAN HARTA BAWAAN SUAMI ATAU ISTERI YANG TELAH MENINGGAL DUNIA DITINJAU DARI HUKUM KEWARISAN ISLAM

Afrinaldi Afrinaldi, Yasrul Huda, Yusnita Eva

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kedudukan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara, (2) Bagaimana praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara, dan (3) Bagaimana pandangan hukum Islam mengenai praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana kedudukan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara, (2) Untuk mengetahui praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara, (3) Untuk mengetahui pandangan hukum Islam mengenai praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif, dengan jenis penelitian Antropologi Hukum, dengan menggunakan Analisis Komparatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kedudukan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia, para Ninik Mamak di Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman sepakat, bahwa harta bawaan suami atau isteri yang meninggal dunia merupakan milik pribadi si mayit dan milik sanak family keluarga si mayit, (2) Praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara menjelaskan, ayah atau ibu dari suami atau isteri yang meninggal dunia mendapatkan 2/3 bagian dari harta yang ditinggalkan, jika meninggalkan anak (cucu). Namun, apabila si mayit tidak meninggalkan anak, maka seluruh harta bawaan si mayit dikembalikan kepada lambung suami atau isteri yang telah meninggal dunia, dari pihak ibu. Apabila si mayit memiliki kakak, adik atau kemenakan, mereka bisa mendapatkan harta bawaan si mayit 1/6, ¼, atau 1/3, sebagai “baso basi atau “raso dan pareso” dari ayah atau ibu si mayit. Tujuannya, agar tidak ada terjadi penuntut nantinya atau perkelahian antar keluarga si mayit. (3) Menurut hukum kewarisan Islam yang sebagaimana huruf ” م “ yang terdapat di dalam surat an-Nisa’ ayat 7 makna (مِّمَّا تَرَكَ) mengandung arti “apa-apa” yang juga masih bersifat umum dan mencakup semua harta yang ditinggalkan oleh seseorang yang meninggal dunia, miskipun harta itu merupakan harta bawaan suami atau isteri. Sebab hukum Islam tidak mengenal adanya harta bawaan suami atau isteri, karena setiap harta yang ditinggalkan oleh si mayit merupakan harta warisan tanpa harus dipandang dari mana sumber harta itu berasal

Keywords


Harta Bersama, Harta Bawaan, Hukum Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alahkam.v13i2.4751
Abstract views : 187 times
PDF : 1666 times

References


Agusri, Urang Tuo, di Dusun Sungai Batuang Desa Tungkal Utara Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, wawancara langsung, 07 Juni 2021.

Amini, Ipsabul, Selaku Penyuluh Agama di Nagari Tungkal sekaligus Alim Ulama di Desa Tungkal Utara Dusun Taji-Taji, Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, Wawancara Langsung, Pada Tanggal 05 Juni 2021.

Amri, Kapalo Mudo, di Dusun Kasik Putih Timur Desa Cubadak Air Utara Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, wawancara langsung, 07 Juni 2021.

Aspardi, Mantan Ketua Nagari Sikapak (2015-2019), di Dusun Sikapak Hilir Desa Sikapak Barat Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, wawancara langsung, 06 Juni 2021.

Arifin, Bustanul, Pelembagaan Hukum Islam di Indonesia: Akar Sejarah, Hambatan dan Prospeknya, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pariaman, Profil Kota Pariaman, 2016, p. 4, www.kotapariaman.com

Erni, Objek Dari Praktik Pembagian Kewarisan Harta Bawaan Suami yang Telah Meninggal Dunia, di Dusun Kasik Putuh Timur Desa Cubadak Air Utara Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, wawancara langsung, 21 Mei 2020.

Hadikusuma, Hilman, Hukum Perkawinan Adat: Dengan Adat Istiadat dan Upacara Adatnya, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2003.

Jaiyan, Objek Dari Praktik Pembagian Kewarisan Harta Bawaan Suami yang Telah Meninggal Dunia, di Dusun Sirambang Desa Cubadak Air Utara Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, wawancara langsung, 18 Mei 2020.

An-Naisaburi, Nizahammuddin, Gharaibul Qur’an wa Ragha’ibul Furqan, Bairut: Dãr al-Fikri, 1996.

Narasril, Kapalo Mudo, di Dusun Balai Cubadak Air Desa Cubadak Air Randah Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, wawancara langsung, 03 Juni 2021.

Mahyudin, Selaku Alim Ulama, di Nagari Cubadak Air Desa Cubadak Air Randah Dusun Balai Cubadak Air, Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, Wawancara Langsung, Pada Tanggal 04 Juni 2021.

Undang-Undang No 1 Tahun 1974 Tentang Pernikahan, (Bandung: Citra Umbara, 2012), Cet. ke-2, h. 12

Rofiq, Ahmad, Fiqih Mawaris, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

Sabiq, Sayyid, Fikih Sunnah Jilid 14, Bandung: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA, 2008.

Sahrani, Sohari dan Tihami Fikih Munakahat: Kajian Fiqih Nikah Lengkap, Jakarta: PT. RajaGrofindo, 2013, hal, 179.

Susanto, Happy, Pembagian Harta Gono-Gini Saat Terjadi Perceraian, Jakarta: Visi Media, 2008.

Syakir, Syaikh Ahmad, Mukhtashar Tafsir Ibnu Katjir, Cairo: Dãr al-Fikri, 2011,

Amir Syarifuddin,,Garis-Garis Fiqih, Jakarta: Kencana, 2003.

_______, Ushul Fiqih Jilid 2, Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA, 2007, hal, 146.

Syawalludin Selaku Imam Mesjid Raya al-Abrar dan Sekaligus Cadiak Pandai di Nagari Cubadak Air di Desa Cubadak Air Utara, Dusun Kasik Putih Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, Wawancara Langsung, Pada Tanggal 05 Juni 2021.

Syukiyar, Urang Tuo, di Dusun Hulu Banda Desa Tungkal Selatan Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman, wawancara langsung, 10 Juni 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afrinaldi Afrinaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office

Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang

Kampus II UIN Imam Bonjol Padang

Jl. Mahmud Yunus Nomor 1, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25153