PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PLANTET QUESTION DI SEKOLAH DASAR

Neri Ferdia Netra, Media Roza

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena rendahnya aktivitas peserta didik, kurangnya pemahaman atau penguasaan peserta didik terhadap konsep pembelajaran, peserta didik kurang terangsang untuk berfikir, serta rendahnya minat dan  rasa ingin tahu peserta didik dalam pembelajaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa aktivitas belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II, dalam hal menjawab pertanyaan pendidik meningkat dari 47% menjadi 78%, bertanya kepada pendidik meningkat dari 50% menjadi 83%, mendengarkan pendidik ketika pendidik menjelaskan materi meningkat dari 51% menjadi 82%, mengerjakan tugas meningkat dari 56% menjadi 86%. Untuk hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 25 peserta didik hanya 11 orang  (44%) yang dinyatakan tuntas. Sedangkan tes siklus II dari 25 orang peserta didik 21 orang  (84%) yang dinyatakan tuntas. Dapat diambil kesimpulan bahwa melalui strategi Plantet Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku peserta didik kelas IV di SDN 27 Sago Kabupaten Pesisir Selatan.

Keywords


Plantet Question, Aktivitas, Hasil Belajar



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1589
Abstract views : 184 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 195 times

References


Aunurrahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta,

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryani, Ayu Sekar. 2013. Strategi Pembelajaran Aktif , Yogyakarta: CTSD

David R. Krathwohl dan Lorin W. Anderson, 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing, New York: Longman,

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Faisal. 2014 .Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi) Yogyakarta: Diandra Creative,

Fitria, Elfita dkk. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Plantet Questions pada Peserta Didik Kelas IV SDN 13 Surau Gadang. E-Jurnal Universitas Bung Hatta, Padang: Universitas Bung Hatta, 2013. Vol 2, No 1, h:1-13,

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: CV Iscom.

Hamalik, Oemar .2009. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara

-----------, 2014, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pedoman Profesi Guru, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: UM Press

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Rajagrafindo: Jakarta.

Shihab, Quraish. 2002. Tafsir al-Mishab (Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Quran), Jakarta: Lentera Hati.

Sudijono, Anas. 2011 Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Grafindo Persada,

Sutikno M, Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Perpustakaan Nasional.

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur, Jakarta: Prenada Media Group

Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktiv, Bandung :Nuansa Cendekia

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Trianto, Teguh, dkk, 2014, Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV dalam Pembelajaran IPS dengan Strategi Plantet Questions Di SD Negeri 04 Tarandam Padang, E-Jurnal Universitas Bung Hatta, Vol 2, No 1, h:1-12,

Wardani, IGAK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.