PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Pembelajaran Matematika masih dianggap sulit bagi siswa SDN 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Ini terlihat dari banyaknya nilai ujian Matematika siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu aktivitas siswa dalam belajar masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi belajar aktif tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 28 Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Hasil analisis data ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan strategi belajar aktif tipe GQGA. Sehingga dapat disimpulkan penerapan strategi belajar aktif tipe GQGA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1594
Abstract views : 270 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 386 times
References
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
---, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,1996
Arsyad, Aminuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Hamka Press, 2003
Depag RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponogoro, 2005
Depdiknas, Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta : Depdiknas,2005
Erman Suherman dkk, Straregi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia, 2003
Fitriantoro,Suminto,2010, Penerapan Metode Giving Questions and Getting Answer Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara, 2008
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : Rajawali Press, 2008
Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004
Ngalim Purwanto, Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : Remaja Karya,1996
Ramayulis, Metodologi Penelitian Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005
Rooijakkers, Mengajar dengan Sukses, Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1991
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010
Silberman, Mel, Active Learning, Yogyakarta: Yapeendis, 2001
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004
Sumarna Supranata, Panduan penulisan Tes tertulis implementasi kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosada Karya, 2005
Suparlan dkk, PAKEM, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Bandung: Genesindo, 2008
Suparta, Munzir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Amisco, 2003
Subarinah Sri, Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, Jakarta : Depdiknas,2006
Sudijono,Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2006
---, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2003
Syah,Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004
Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tarbiyah Al-Awlad