PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Dorisno Dorisno

Abstract


Pembelajaran Matematika masih dianggap sulit bagi siswa SDN 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Ini terlihat dari banyaknya nilai ujian Matematika siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu aktivitas siswa dalam belajar masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Melihat peningkatan  aktivitas dan  hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi belajar aktif tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA). Penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 28  Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Hasil analisis data ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan strategi belajar aktif tipe GQGA. Sehingga dapat disimpulkan penerapan strategi belajar aktif tipe GQGA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

 

 


Keywords


Giving Questions and Getting Answers, aktivitas belajar, hasil belajar.



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1594
Abstract views : 270 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 386 times

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006

---, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,1996

Arsyad, Aminuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Hamka Press, 2003

Depag RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponogoro, 2005

Depdiknas, Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta : Depdiknas,2005

Erman Suherman dkk, Straregi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia, 2003

Fitriantoro,Suminto,2010, Penerapan Metode Giving Questions and Getting Answer Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara, 2008

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : Rajawali Press, 2008

Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004

Ngalim Purwanto, Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : Remaja Karya,1996

Ramayulis, Metodologi Penelitian Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005

Rooijakkers, Mengajar dengan Sukses, Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1991

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010

Silberman, Mel, Active Learning, Yogyakarta: Yapeendis, 2001

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004

Sumarna Supranata, Panduan penulisan Tes tertulis implementasi kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosada Karya, 2005

Suparlan dkk, PAKEM, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Bandung: Genesindo, 2008

Suparta, Munzir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Amisco, 2003

Subarinah Sri, Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, Jakarta : Depdiknas,2006

Sudijono,Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2006

---, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2003

Syah,Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004

Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tarbiyah Al-Awlad