APAKAH PENYANDANG TUNANETRA BISA BERBAHAGIA? Gambaran Kebahagiaan Pada Penyandang Tunanetra
Abstract
Pada umumnya tidak banyak yang bisa dilakukan oleh orang yang mengalami tunanetra. Dengan keterbatasan yang mereka miliki, membuat mereka lebih memilih untuk hanya berdiam diri di rumah atau sebagian yang lain memilih bekerja sebagai pengemis atau meminta-minta di jalanan. Namun, pilihan tersebut tidak dilakukan oleh dua orang tunanetra. Mereka memiliki semangat yang tinggi untuk bekerja demi mencapai keinginannya, menjadi pekerja seni atau pemusik dan mengajar mengaji. Walaupun kedua subjek memiliki keterbatasan, mereka bisa membuat orang lain senang dengan apa yang dilakukannya dan mereka berbahagia dengan apa yang mereka lakoni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman gambaran kebahagiaan pada penyandang tunanetra.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang tunanetra. Hasil wawancara menunjukkan bahwa menjadi tunanetra tidak menjadi penghalang untuk mendapatkan kebahagiaan. subjek merasa tenang dan nyaman dalam menjalani kehidupannya. Tidak merasa takut dan tidak pula bersedih dengan keadaan yang mereka alami. Berani menghadapi masalah yang datang serta merasa bahagia karena tidak ada kekhawatiran yang dirasakan oleh kedua subjek. Faktor yang mempengaruhi keadaan kedua subjek adalah karena adanya rasa syukur yang besar kepada Allah Subhanahuwata’ala, berinteraksi dan berhubungan baik dengan teman, keluarga dan lingkungan sekitar, serta merasa puas dengan pekerjaan yang dijalani.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v10i1.827
Abstract views : 740 times
PDF : 844 times
References
Al-Qarni. A. (2014). Latahzan Jangan Bersedih. Jakarta: Qisthi Press
Arif, S.I. (2016). Psikologi Positif : Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Effendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara
Fuad, M (2016). Psikologi Kebahagiaan dalam Al-qur’an. Jurnal An-nafs. ,;Kajian dan Penelitian Psikologi. Vol. 1 No 1
Gilang Kartika Adi Perdana dan Kartika Sari Dewi. (2015). Kebahagiaan Pada Ibu Yang Memiliki Anak Difabel. Jurnal Empati. Vol. 4. No. 4
Hamka. (2015). Tasawut Modern Bahagia itu Dekat dengan Kita Ada di dalam Diri Kita. Jakarta: Republika Penerbit
Herbyanti, D. (2009). Kebahagiaan (happiness) Pada Remaja di Daerah Abrasi. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Vol. 4, No. 2
Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hurlock, B Elizabeth. (2002). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Pusat Bahasa. Jakarta
Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3)
Mauludi, S. (2017). Happiness Here. Jakarta: Elex Media Komputindo
Mega Tala Harimukti dan Kartika Sari Dewi. (2014). Ekplorasi Kesejahteraan Psikologis Individu Dewasa Awal Penyandang Tunanetra. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 13. No. 1
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mubarok, A. (2009). Psikologi Keluarga. Jakarta: Wahana Akasara Prima
Nur Fadilah Al-Karimah. (2018). Subjective Well-Being pada Penyandang Tuna Daksa. Psikosains. Vol 13. No. 1
Poerwandari, E.K. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta
Riska Nurwijayanti Rahma. (2015). Kesejahteraan Psikologis Penyandang Tunanetra (Studi Pada Mahasiswa Tunanetra Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi
Sapuri, Rafi. (2017). Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Sawitri, D.R & Stevan D.C. (2016). Bersyukur di tengah sedih dan senangku (studi kualitatif subjective well-being pada mahasiswa tunanetra). Jurnal Empati. Vol 5 (3), 439-442
Seligman, M. EP. (2005). Authentic Happiness: Menciptakan Kebahagiaan dengan Psikologi Positif. Bandung: Mizan Pustaka
Soemantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.